PENGEMBANGAN MEDIA ALWAHUL ARABIYAH (ARABIC BOARD GAME) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs


Anggun Windyastuti, 2303416045 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ALWAHUL ARABIYAH (ARABIC BOARD GAME) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA ALWAHUL ARABIYAH (ARABIC BOARD GAME) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA ALWAHUL ARABIYAH (ARABIC BOARD GAME) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Windyastuti, Anggun. 2020. ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) : Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Muchlisin Nawawi, Lc., M.Pd.I Kata Kunci: ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game), Keterampilan Menulis. Menulis merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dan lebih sulit dikuasai dibandingkan dengan tiga keterampilan lainnya. Banyak siswa kurang antusias dan mengalami kesulitan pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Hal itu disebabkan kurangnya kosakata yang dikuasai siswa dan kurangnya media dalam proses pembelajaran. Maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran bahasa Arab yang dapat menginspirasi siswa menemukan ide untuk keterampilan menulis, dan dapat diupayakan adanya pengembangan media ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) yang berisikan kosakata bahasa Arab dan didesain semenarik mugkin untuk keterampilan menulis bahasa Arab yang disusun sesuai kurikulum dan kebutuhan belajar siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game), 2) Bagaimana prototipe ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) untuk keterampilan menulis bahasa Arab bagi siswa kelas VIII MTs, 3) Bagaimana validasi ahli dan guru terhadap ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game). Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap media ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) untuk keterampilan menulis bahasa Arab, 2) prototipe media ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) untuk keterampilan menulis bahasa Arab, 3) Mendeskripsikan validasi ahli dan guru terhadap media ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) untuk keterampilan menulis bahasa Arab.. Desain Penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini yaitu: (1) merumuskan potensi masalah, (2) mengumpulkan informasi dan data, (3) mendesain produk, (4) validasi produk. Validasi produk dilakukan dengan menyebar kepada ahli materi dan ahli media, (5) melakukan perbaikan desain produk berdasarkan masukan dari para ahli. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs. Kedua, prototipe media pembelajaran ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) untuk keterampilan menulis bahasa Arab mencakup latar belakang, teori tentang pengertian dan tujuan media pembelajaran ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game), kegiatan pembelajaran secara umum dan deskripsi dari kegiatan pembelajaran, serta evaluasi setiap materi. Ketiga, penilaian prototipe media pembelajaran ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) meliputi tiga aspek, yaitu aspek isi, penyajian dan bahasa yang memberoleh skor rata-raa 4 kategori sangat layak atau sangat sesuai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan pengembangan media pembelajaran ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game) untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs yang peneliti kembangkan sangat layak atau sangat sesuai digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: ALWAHUL ARABIYAH (Arabic Board Game), Keterampilan Menulis.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:48
Last Modified: 21 Dec 2020 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42246

Actions (login required)

View Item View Item