PENGEMBANGAN MEDIA DAI (DADU IQRO) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI DI KABUPATEN BANJARNEGARA


Utrujjah Noor Meiliyanti, 2303416040 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA DAI (DADU IQRO) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI DI KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA DAI (DADU IQRO) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA  BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI  DI KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA DAI (DADU IQRO) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI DI KABUPATEN BANJARNEGARA)
Download (800kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Meiliyanti, Utrujjah Noor. 2020. “Pengembangan Media DAI (Dadu Iqro) Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas V MI di Kabupaten Banjarnegara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Dr. Zaim El-Mubarok, S. Ag., M. Ag. Kata Kunci: Media Pembelajaran, DAI (Dadu Iqro), Keterampilan Membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya permasalahan membaca bahasa Arab pada siswa kelas V MI di Kabupeten Banjarnegara. Permasalahan tersebut adalah tingkat pemahaman siswa terhadap teks berbahasa Arab yang tergolong masih rendah, banyaknya siswa kelas V yang belum lancar membaca dan belum mampu mencapai nilai KKM. Hal itu disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan pembelajaran dan guru masih menjadi pusat pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan membaca dengan menggunakan media pembelajaran yang benama DAI (Dadu Iqro). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media DAI untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas V MI di Kabupaten Banjarnegara, 2) bagaimana prototipe media DAI untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas V MI di Kabupaten Banjarnegara, 3) bagaimana hasil validasi ahli dan saran perbaikan ahli terhadap desain dan prototipe media DAI untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas V MI di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai tahap lima dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi desain. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media DAI untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas V MI di Kabupaten Banjarnegara, media DAI ini memuat kosakata, materi bacaan, tata bahasa dan evaluasi. Kedua, prototipe media DAI dikembangkan dengan dua bagian meliputi (a) aspek fisik media yang terdiri dari bentuk, ukuran, dan desain media, (b) bagian isi yang terdiri dari kosakata, materi bacaan, tata bahasa, dan evaluasi. Ketiga, penilaian aspek kelayakan isi memperoleh nilai rata-rata 89, aspek penilaian kelayakan penyajian memperoleh nilai rata-rata 89, aspek penilaian kontekstual memperoleh nilai rata-rata 89, aspek kelayakan bahasa memperoleh nilai rata-rata 87,5, aspek fisik media memperoleh nilai rata-rata 88. Nilai rata-rata dari seluruh aspek kelayakan media adalah 88,5 pada rentangan nilai 89-100 skala 4 dengan kategori sangat layak (sangat sesuai). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media DAI layak digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab kelas V MI di Kabupaten Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, DAI (Dadu Iqro), Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:40
Last Modified: 21 Dec 2020 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42244

Actions (login required)

View Item View Item