AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN TEBU DALAM BERBAGAI METODE PREPARASI DAN KONSENTRASI TERHADAP BAKTERI GRAM-POSITIF DAN GRAM-NEGATIF


KHOIRUL MUKHTAR, 4411415044 (2020) AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN TEBU DALAM BERBAGAI METODE PREPARASI DAN KONSENTRASI TERHADAP BAKTERI GRAM-POSITIF DAN GRAM-NEGATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4411415044.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peningkatan area pertanaman tebu menyebabkan bertambahnya limbah. Limbah yang dihasilkan dari pengolahan tebu salah satunya berupa pucuk daun tebu yang mencapai 4,62 juta ton Ha/tahun. Jika limbah daun tebu dapat ditemukan nilai lebihnya, tentu akan memberikan manfaat. Salah satu alternatif yang ditawarkan untuk pemanfaatan limbah tebu adalah sebagai sumber antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan ekstrak daun tebu yang paling efisien untuk menghambat pertumbuhan bakteri gram-positif dan gram-negatif. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap faktorial 2 faktor yaitu: (1) perlakuan pengeringan meliputi daun tebu kering oven, daun tebu tanpa pengeringan dan daun tebu kering angin dan (2) konsentrasi ekstrak daun tebu yaitu 25%, 50%, 75% dan 100% kontrol positif berupa antibiotik amoxilin dan kontrol negatif berupa aquades. Pengujian antibiotik dilakukan dengan menggunakan metode difusi cakram kertas. Daya hambat bakteri diuji menggunakan ANOVA dua arah. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan atau interaksi yang signifikan antara tingkat konsentrasi ekstrak daun tebu dan metode pengeringan dengan besar diameter zona hambat bakteri Bacillus subtilis dan Escherichia coli. Pada hasil uji tukey antara kontrol negatif dengan tingkat konsentrasi 25% tidak menunjukkan perbedaan yang berarti sedangkan antara kontrol negatif dengan tingkat konsentrasi 50%, 75% dan 100% menunjukkan perbedaan yang berarti, sehingga dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun tebu pada tingkat konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100% memiliki potensi dalam menghambat bakteri Bacillus subtilis dan Escherichia coli sedangkan pada tingkat kontrol negatif tidak memiliki potensi menghambat bakteri Bacillus subtilis dan Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: antimikroba, Bacillus subtilis, Escherichia coli, Saccharum officinarum L
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:03
Last Modified: 21 Dec 2020 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42238

Actions (login required)

View Item View Item