PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 05 BEJI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG


Muhammad Iqbal Alamsyah, 1401416370 (2020) PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 05 BEJI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 05 BEJI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK SD NEGERI 05 BEJI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Alamsyah, M. Iqbal. 2020. Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik SDN 05 Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dra. Marjuni, M. Pd. 245. Kata kunci: Adiwiyata. Pendukung. Hambatan. Karakter Peduli Lingkungan. Kerusakan alam yang terjadi di Indonesia membuat pendidikan lingkungan hidup sangat penting untuk meningkatkan kepedulian generasi muda pada lingkungan hidup. Salah satu program penguatan pendidikan yang dilakukan saat ini adalah program Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Adiwiyata di SDN 05 Beji, menganalisis faktor pendukung dan hambatan yang muncul, mendeskripsikan hasil yang terjadi terkait dengan pelaksanaan program Adiwiyata dalam membangun karakter peduli lingkungan pada peserta didik SDN 05 Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan program Adiwiyata di SDN 05 Beji sudah sesuai dengan standar komponen sekolah Adiwiyata meliputi kebijakan sekolah dengan adanya visi misi dan tujuan sekolah yang mewujudkan sekolah berbudaya dan peduli lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan menggunakan kurikulum 2013 dengan menambahkan materi tentang lingkungan kedalam RPP, kegiatan partisipatif bentuk kerjasama sekolah terhadap pihak luar dengan mengadakan pelatihan/seminar dan sarana pendukung Adiwiyata seperti green house, kantin sehat, tanaman obat; (2) Terdapat faktor pendukung dan hambatan dalam pelaksanaan program Adiwiyata SDN 05 Beji; (3) Hasil pelaksanaan program Adiwiyata di SDN 05 membuat peserta didik mempunyai karakter peduli terhadap lingkungan seperti merawat tanaman, membuat komposter, menghemat energi dan air, membersihkan kelas dan halaman sekolah, mencuci tangan dengan sabun, membuat kerajinan dari barang bekas dan menerapkan pola hidup sehat baik di lingkungan sekolah ataupun di lingkungan keluarga. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi pihak sekolah dalam meningkatkan pelaksanaan program Adiwiyata. Program Adiwiyata dilaksanakan guna mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Hal-hal yang perlu dilakukan yaitu hendaknya pihak sekolah secara konsisten mengadakan kegiatan-kegiatan bertema lingkungan dengan inovasi-inovasi baru kepada peserta didik dan mengoptimalkan sarana prasarana yang dimiliki sekolah dalam menunjang program Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Adiwiyata. Pendukung. Hambatan. Karakter Peduli Lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:54
Last Modified: 18 Dec 2020 07:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42212

Actions (login required)

View Item View Item