PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MENULIS KALIMAT EFEKTIF MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCE UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBANGAN 01


Indria Prawita Sari, 1401416423 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MENULIS KALIMAT EFEKTIF MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCE UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBANGAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MENULIS KALIMAT EFEKTIF MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCE UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBANGAN 01]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK MENULIS KALIMAT EFEKTIF MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCE UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBANGAN 01) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sari, Indria Prawita. 2020. “Pengembangan Media Lift the flap book Menulis Kalimat Efektif Menggunakan Model Complete Sentence Untuk Siswa Kelas III SDN Tambangan 01”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Nugraheti Sismulyasih Sb, S.Pd.,M.Pd. 279 halaman. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswa kelas III SD untuk menulis kalimat efektif. Hal ini terjadi karena media yang tersedia di sekolah masih kurang memadai dan mendukung pembelajaran menulis kalimat efektif. Selain itu, guru belum menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada siswa yang membuat siswa aktif dan kreatif dalam menulis kalimat efektif. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media lift the flap book untuk siswa kelas III SD yakni, 1) menghasilkan media lift the flap book, 2) menguji kelayakan media lift the flap book, dan 3) menguji keefektifan media lift the flap book. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg dan Gahl. Prosedur penelitian ini yaitu potensi dan masalah; pengumpulan data; desain produk; validasi desain; revisi desain; uji coba produk; revisi produk; uji coba pemakaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal, analisis data produk, dan analisis data akhir (uji t dan uji N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan yakni, 1) media lift the flap book yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, 2) hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator materi dan media mendapatkan rata-rata presentase sebesar 94,31% dengan kategori sangat layak, 3) uji kelayakan oleh guru dan siswa pada uji coba produk kecil mendapatkan rata-rata presentase 90% dari guru kelas IIIb SDN Tambangan 01 dan 94,16% dari siswa, dan 4) pada uji keefektifan media lift the flap book menulis kalimat efektif pada siswa kelas IIIa SDN Tambangan 01 menghasilkan rata-rata nilai sebelum mendapatkan perlakuan (pretest) yaitu 69,54 dan setelah mendapatkan perlakuan (posttest) yaitu 83,24. Persentase peningkatan hasil unjuk kerja menulis kalimat efektif yakni sebesar 63%. Lift the flap book juga efektif untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis kalimat efektif, terlihat dari hasil uji perbedaan rata-rata dengan thitung sebesar -5,676 lebih kecil dari ttabel -1,6883. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,45 dilihat dari selisih hasil pretest dan posttest. Simpulan hasil penelitian ini yaitu media lift the flap book layak oleh para ahli dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis kalimat efektif. Peneliti menyarankan agar guru dapat mengembangkan media pembelajaran bahasa Indonesia yang inovatif agar siswa mudah memahami dan meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Kata kunci : Lift the flap book; menulis kalimat efektif; model complete sentence

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lift the flap book; menulis kalimat efektif; model complete sentence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:45
Last Modified: 18 Dec 2020 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42209

Actions (login required)

View Item View Item