PENGEMBANGAN MODUL DAN CD “BELADA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERNYANYI LAGU DAERAH SISWA KELAS III SD NEGERI PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG


Tunjung Arum Khatrisnantyas, 1401416382 (2020) PENGEMBANGAN MODUL DAN CD “BELADA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERNYANYI LAGU DAERAH SISWA KELAS III SD NEGERI PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL DAN CD “BELADA”   UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN  BERNYANYI  LAGU  DAERAH  SISWA KELAS III SD NEGERI PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL DAN CD “BELADA” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERNYANYI LAGU DAERAH SISWA KELAS III SD NEGERI PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG) - Submitted Version
Download (783kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Khatrisnantyas, Tunjung Arum.2020.Pengembangan Modul dan CD Belada untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Bernyanyi Lagu Daerah Siswa Kelas III SD Negeri Pudakpayung 02 Kota Semarang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Putri Yanuarita Sutikno, S.Pd,, M.Sn. 296 Halaman. Kata Kunci: Bernyanyi Lagu Daerah, CD, Keterampilan, Modul, Pengembangan. Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas III SD Negeri Pudakpayung 02 Kota Semarang, pemahaman dan skill bernyanyi lagu daerah siswa rendah, siswa kesulitan bernyanyi dan memahami makna lagu saat menyanyikan lagu daerah. Peneliti mengembangkan Bahan Ajar agar siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa bernyanyi lagu daerah. Pengembangan bahan ajar meliputi Modul dan CD Belada (Belajar Lagu Daerah) yang telah disesuaikan dengan perkembangan siswa SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar pada materi lagu daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pengembangan (Research and Development). Teknik yang digunakan yaitu tes dan non tes dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa tes objektif, tes unjuk kerja, angket, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, pakar/ahli, dan peneliti. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 40 siswa kelas III SD Negeri Pudakpayung 02 Kota Semarang. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III yang kelompokkan menjadi kelompok kecil dan kelompok besar. Waktu penelitian dimulai dari bulan November 2019 sampai Maret 2020. Analisis data menggunakan analisis data produk dan hasil belajar kognitif serta psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan Modul dan CD Belada. Berdasarkan validasi ahli materi memperoleh presentase 93,18% dengan kategori sangat layak, dan dari ahli media memperoleh persentase 87,5% dengan kategori sangat layak. (2) penggunaan Modul dan CD Belada efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siswa hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai skala kecil sebesar 76,67% dan pada skala besar 79,67%, sedangkan hasil keterampilan siswa hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada skala kecil sebesar 81,11 % dan dan pada skala besar sebesar 80,96%. Simpulan penelitian menunjukkan hasil pengembangan Modul dan CD Belada telah memenuhi kriteria layak serta dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan bernyani lagu daerah siswa. Saran pada penelitian ini adalah guru dan sekolah dapat mengembangkan bahan ajar untuk meningkatkan hasil belajar dan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi Lagu Daerah, CD, Keterampilan, Modul, Pengembangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:32
Last Modified: 18 Dec 2020 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42203

Actions (login required)

View Item View Item