KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO LAGU NASIONAL TERHADAP KETERAMPILAN MELISANKAN PUISI SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PURWOREJO


Tia Mawarni, 1401416379 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO LAGU NASIONAL TERHADAP KETERAMPILAN MELISANKAN PUISI SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN  VIDEO LAGU NASIONAL  TERHADAP KETERAMPILAN MELISANKAN PUISI  SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PURWOREJO]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO LAGU NASIONAL TERHADAP KETERAMPILAN MELISANKAN PUISI SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO KABUPATEN PURWOREJO) - Submitted Version
Download (916kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mawarni, Tia. 2020. Keefektifan Media Pembelajaran Video Lagu Nasional Terhadap Keterampilan Melisankan Puisi Siswa Kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Purworejo. Sarjana Pendikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Putri Yanuarita Sutikno, S.Pd., M.Sn. 283 hal. Kata Kunci: video lagu nasional; keterampilan; melisankan puisi. Adanya permasalahan yang ada di SD Negeri Gugus Diponegoro yaitu media pembelajaran yang dipakai oleh guru kurang optimal khususnya pada materi melisankan puisi. Hal tersebut menyebabkan nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia rendah. Sehingga diperlukan sebuah solusi dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu dengan menerapkan media pembelajaran video lagu nasional terhadap keterampilan melisankan puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran video lagu nasional terhadap keterampilan melisankan puisi siswa kelas IV SD Gugus Diponegoro Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah kelas IV, yang menggunakan 2 kelas penelitian, terbagi menjadi kelas eksperimen di kelas IV SDN Brengkol, dan kelas kontrol dikelas IV SDN Luwenglor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji T-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai keterampilan melisankan puisi pada kelas eksperimen saat pretest sebesar 6,241 dan posttest sebesar 24,928. Terdapat perbedaan selisih rata-rata yang cukup besar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperkuat dengan hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 51,96% termasuk dalam kategori yang cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 11,36% termasuk dalam kategori kurang efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dalam penerapan media pembelajaran video lagu nasional berupa peningkatan peningkatan keterampilan melisankan puisi, sehingga memperkuat penerimaan hipotesis kedua bahwa media pembelajaran video lagu nasional efektif terhadap keterampilan melisankan puisi siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kabupaten Purworejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video lagu nasional; keterampilan; melisankan puisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:29
Last Modified: 18 Dec 2020 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42202

Actions (login required)

View Item View Item