EFEKTIVITAS PERMAINAN VIRELANGUE DALAM PEMBELAJARAN PELAFALAN PADA SISWA KELAS XI IBB SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


Novita Ambarwati, 2301415010 (2020) EFEKTIVITAS PERMAINAN VIRELANGUE DALAM PEMBELAJARAN PELAFALAN PADA SISWA KELAS XI IBB SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PERMAINAN VIRELANGUE DALAM PEMBELAJARAN PELAFALAN PADA SISWA KELAS XI IBB SMA KESATRIAN 1 SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PERMAINAN VIRELANGUE DALAM PEMBELAJARAN PELAFALAN PADA SISWA KELAS XI IBB SMA KESATRIAN 1 SEMARANG)
Download (765kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ambarwati, Novita. 2020. Efektivitas permainan virelangue dalam pembelajaran pelafalan pada siswa kelas XI IBB SMA Kesatrian 1 Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing: Dra. Dwi Astuti, M.Pd. Kata Kunci : Pelafalan, Permainan Virelangue, Pelafalan yang baik sangat penting dalam berkomunikasi sehingga maksud pembicaraan dapat tersampaikan. Dengan pentingnya kemampuan melafalkan, pembelajaran melafalkan perlu disajikan secara menarik dan menyenangkan sehingga mempermudah siswa dalam melafalkan bahasa Prancis. Salah satu media yang dapat digunakan adalah permainan virelangue. Pada permainan ini, siswa diminta untuk mengucapkan sebuah kalimat virelangue yang dibaca pelan pada awal dan kemudian makin cepat secara berulang kali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya permainan virelangue dalam pembelajaran pelafalan pada fonem desis /s/, /ʃ/, dan /Ʒ/. Penelitian ini merupakan jenis penelitan eksperimental dengan desain one-shoot-study-case. Responden dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas XI IBB SMA Kesatrian 1 Semarang tahun ajar 2019/2020. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen diukur dengan rumus KR-20. Pengujian hipotesis menggunakan ketentuan kemendikbud, yaitu sebuah metode dikatakan efektif apabila dari jumlah siswa dapat mencapai ketuntasan minimal dalam hal ini 75. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa dari 18 responden, 11 responden (61%) memeroleh nilai . Hasil ini menunjukan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa kurang dari yang ditentukan kemendikbud yaitu sebesar dari jumlah siswa. Hal ini berarti, hipotesis “permainan virelangue efektif dalam pembelajaran pelafalan siswa kelas XI IBB di SMA Kesatrian 1 Semarang” tidak diterima. Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan hipotesis ini tidak diterima, yaitu perlakuan hanya dilakukan sekali dan dengan waktu yang terbatas sehingga hasil yang didapatkan kurang maksimal serta kurangnya pengondisian pada responden sehingga membuat responden kurang fokus terhadap pembelajaran yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pelafalan, Permainan Virelangue,
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:28
Last Modified: 18 Dec 2020 07:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42201

Actions (login required)

View Item View Item