PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP ENCYCLOPEDIA BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN SEKARAN 01 SEMARANG


Amalia Dhea Anggun Rahmawati, 1401416363 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP ENCYCLOPEDIA BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN SEKARAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP ENCYCLOPEDIA BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV  SDN SEKARAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP ENCYCLOPEDIA BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN SEKARAN 01 SEMARANG) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rahmawati, Amalia Dhea Anggun. 2020. Pengembangan Media Lift The Flap Encyclopedia Berbasis Digital Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sekaran 01 Semarang. Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Moh. Fathurrahman, S.Pd., M.Sn. 170 halaman. Kata kunci: Digital, IPS, Lift The Flap Encyclopedia Berdasarkan hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi pra penelitian di SDN Sekaran 01 Semarang, terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPS yang berhubungan dengan media pembelajaran yang kurang inovatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan media lift the flap encyclopedia berbasis digital, bagaimana kelayakan media lift the flap encyclopedia berbasis digital, dan bagaimana keefektifan media lift the flap encyclopedia berbasis digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan media lift the flap encyclopedia berbasis digital, mengkaji kelayakan media lift the flap encyclopedia berbasis digital, dan menguji keefektifan media lift the flap encyclopedia berbasis digital. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sekaran 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal menggunakan uji normalitas dan analisis data akhir menggunakan uji T-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lift the flap encyclopedia berbasis digital sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 98,43%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 98,43% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 81, 25%. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posstest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0, 620 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media lift the flap encyclopedia berbasis digital layak dan efektif digunakan pada pembelajaran mutan IPS materi sumber daya alam. Media pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan sebagai media belajar mandiri bagi siswa, variasi media pembelajaran yang menarik bagi guru, dan menjadi pengalaman pembelajaran baru di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital, IPS, Lift The Flap Encyclopedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:25
Last Modified: 18 Dec 2020 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42200

Actions (login required)

View Item View Item