PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BAHASA PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS X SEMETER I


Sunu Tri Pratama, 2301415003 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BAHASA PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS X SEMETER I. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BAHASA PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS X SEMETER I]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BAHASA PRANCIS UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA KELAS X SEMETER I)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pratama, Sunu Tri. 2020. Pengembangan Media Komik Digital Bahasa Prancis untuk Keterampilan Membaca Kelas X Semeter I . Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Diah Vitri Widayanti, DEA Kata Kunci: media komik digital, keterampilan membaca bahasa Prancis Dalam pembelajaran bahasa, terutama bahasa Prancis terdapat empat keterampilan dasar berbahasa yang menjadi tujuan pembelajaran, salah satunya adalah keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Bahasa Prancis merupakan bahasa yang mulai diajarkan di SMA, siswa kelas X akan kesulitan dalam memahami teks bahasa Prancis. Mereka membutuhkan sebuah media yang mampu membantu dalam memahami teks bahasa Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media komik digital berbahasa Prancis untuk keterampilan membaca. Media ini dapat menambah variasi dalam pembelajaran bahasa Prancis. Dengan media ini, siswa diharapkan mampu memahami teks bahasa Prancis dengan lebih mudah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Menurut Sugiyono (2016 : 407) penelitian R&D memiliki 10 tahapan yang harus dilakukan. Dari 10 tahap tersebut, peneliti menggunakan lima tahap, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain. Peneliti membatasi langkah penelitian menjadi lima langkah dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Penyederhanaan ini didasari pendapat Borg and Gall sebagaimana dikutip (Emzir, 2011 : 271) yang menyarankan untuk membatasi penelitian dalam skala kecil, termasuk kemungkinan untuk membatasi langkah penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah komik digital bahasa Prancis untuk keterampilan membaca kelas X. Berdasarkan analisis kebutuhan didapatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks bahasa Prancis. Guru dan siswa merasa setuju jika dikembangkan media pembelajaran berupa komik digital. Terdapat empat materi dalam media ini yang disesuaikan dengan Permendikbud no 24 tahun 2016 yaitu : 1) saluer et prendre congé, remercier et s’excuser, 2) se présenter, 3) heure, jour, date, mois, année, 4) presenter son identité. Dalam setiap materi terdiri atas: kompetensi dasar dan indikator, komik, tindak tutur dan vocabulaire, dan evaluasi. Produk ini telah melalui tahap validasi produk oleh dosen ahli. Peneliti telah memperbaiki produk berdasarkan saran dan masukan yang telah diberikan, sehingga produk ini siap untuk diujicobakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media komik digital, keterampilan membaca bahasa Prancis
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:21
Last Modified: 18 Dec 2020 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42199

Actions (login required)

View Item View Item