KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV SDN KRASAK 01 KABUPATEN BREBES


Mutia Indriyani, 1401416338 (2020) KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV SDN KRASAK 01 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV SDN KRASAK 01 KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE INKUIRI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV SDN KRASAK 01 KABUPATEN BREBES) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Indriyani, Mutia. 2020. Keefektifan Metode Inkuiri Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV SDN Krasak 01 Kabupaten Brebes. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Drs. Utoyo, M.Pd. 388. Kata kunci: hasil belajar; metode inkuiri; motivasi belajar Salah satu faktor yang menyebabkan proses pembelajaran kurang optimal adalah guru kurang inovatif dalam menerapkan metode pembelajaran sehingga siswa merasa pasif dan tidak ada dorongan dalam mengikuti pembelajaran. Penerapan metode Inkuiri dalam proses pembelajaran membuat siswa menjadi lebih aktif dan senang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Keefektifan Metode Inkuiri ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Krasak 01 Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah 65 siswa terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis, yang meliputi uji normalitas, homogenitas, serta analisis yang menggunakan uji-t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji hipotesis penelitian ditinjau dari motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis perbedaan motivasi belajar menunjukkan bahwa thitung> ttabel(4,208>1,988) dan nilai signifikansi ˂ 0,05 (0,000˂ 0,05), sedangkan uji perbedaan hasil belajar menunjukkan thitung> ttabel (2,040>1,988) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,046<0,05). Uji keefektifan motivasi belajar menunjukkanthitung> ttabel (4,068> 2,042) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 0,05) sedangkan uji keefektifan hasil belajar menunjukkan thitung> ttabel (16,754> 2,042) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Penerapan metode inkuiri lebih baik ditinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar karena selisih rata-rata nilai awal dan akhir motivasi belajar di kelas eksperimen yaitu 6,55 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 2,41 dan selisih rata-rata nilai awal dan akhir hasil belajar di kelas eksperimen yaitu 17,03 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri efektif ditinjau dari motivasi dan hasil belajar Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV. Dari hasil tersebut guru dapat menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku siswa kelas IV. Guru juga harus memahami proses kegiatan pembelajaran menggunakan metode inkuiri agar pada saat proses pembelajaran dapat terencana dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah metode inkuiri serta mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; metode inkuiri; motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:20
Last Modified: 18 Dec 2020 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42198

Actions (login required)

View Item View Item