PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBTOON MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN SAYUNG 4
Laely Avida Maharani, 1401416301 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBTOON MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN SAYUNG 4. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS WEBTOON MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN SAYUNG 4)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Maharani, Laely Avida. 2020. Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Webtoon Muatan Pelajaran PPKn. Sarjana Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dra. Kurniana Bektiningsih, M.Pd. 289 halaman. Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar berguna untuk membentuk watak atau karakteristik warga negara yang baik sesuai dengan nilai Pancasila. Berdasarkan data kegiatan prapenelitian di Kelas V SDN Sayung 4 terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran terkait kurangnya variasi dalam pemanfaatan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa untuk berpartisipasi aktif dan komunikatif dalam proses pembelajaran sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran PPKn untuk memudahkan siswa memahami materi dan menjadikan proses pembelajaran lebih menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pengembangan serta validitas penggunaan media komik digital berbasis webtoon muatan pelajaran PPKn di kelas IV SDN Sayung 4. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu menyusun desain pengembangan dan menguji validitas penggunaan media komik digital berbasis webtoon muatan pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi berdasarkan kondisi Covid-19 yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, serta produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi dengan analisis data berupa analisis angket kebutuhan guru dan siswa, analisis kelayakan media serta analisis angket tanggapan guru. Media komik digital berbasis webtoon muatan pelajaran PPKn materi keragaman karakteristik individu dinyatakan layak digunakan oleh ahli media dengan persentase kelayakan yaitu 82% dan oleh ahli materi dengan persentase sebesar 95% kategori sangat layak. Simpulan penelitian ini yaitu media komik digital berbasis webtoon muatan pelajaran PPKn layak digunakan dalam pembelajaran materi keragaman karakteristik individu. Saran peneliti yaitu agar media digunakan sebagaimana mestinya terkait kegiatan pembelajaran dan agar dilakukan pendampingan dan pengawasan dalam penggunaannya. Kata kunci: komik; webtoon; PPKn
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik; webtoon; PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 07:10 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 07:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42196 |
Actions (login required)
View Item |