PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS V SD NEGERI KAUMAN LOR 01
Fransisca Putri Novithasari, 1401416278 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS V SD NEGERI KAUMAN LOR 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS V SD NEGERI KAUMAN LOR 01)
- Submitted Version
Download (838kB) | Preview |
Abstract
Novithasari, Fransisca Putri. 2020. Pengembangan Media Buku Saku untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Siswa Kelas V SD Negeri Kauman Lor 01”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dra. Nuraeni Abbas, M.Pd. 362 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tercapainya tujuan pembelajaran membuat surat undangan dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif dan ejaan, dibuktikan dengan data nilai sebanyak 60% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada Kompetensi Dasar 4.9 Membuat surat undangan (ulang tahun, kegiatan sekolah, kenaikan kelas, dll.) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. Permasalahan ini disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah buku tematik saja, sedangkan materi yang terdapat di dalam buku tematik kurang lengkap, tidak ringkas, dan contoh yang disajikan tidak nyata dekat dengan siswa SD Negeri Kauman Lor 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku materi membuat kalimat efektif dalam surat undangan resmi untuk kelas V SD yakni, 1) Menghasilkan buku saku Membuat Kalimat Efektif dalam Surat Undangan Resmi untuk kelas V SD, 2) Menguji kelayakan buku saku untuk kelas V SD, dan 3) Menguji keefektifan buku saku untuk kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) dengan tahap pelaksanaan (Sugiyono, 2016:409-427) sebagai berikut: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Uji coba produk kelompok kecil. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: a) Buku saku yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, b) Hasil uji kelayakan yang dilakukan validator media mendapat rata-rata persentase 98,33 dengan kategori sangat layak dan ahli materi mendapat rata-rata persentase 75% dengan kategori layak, c) Uji kelayakan oleh guru dan siswa pada uji coba produk kelompok kecil mendapat rata-rata persentase 97,5% dari guru kelas V SD Negeri Kauman Lor 01 dan 100% dari siswa, dan d) Pada uji keefektifan buku saku Membuat Kalimat Efektif dalam Surat Undangan Resmi pada kelas V SD Negeri Kauman Lor 01 menghasilkan rata-rata nilai sebelum (pretest) yaitu 46 dan setelah mendapat perlakuan (posttest) yaitu 87,66. Hasil perhitungan n-gain sebesar 0,77. Simpulan hasil penelitian ini yaitu buku saku dinyatakan layak oleh para ahli dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi membuat kalimat efektif dalam surat undangan resmi. Peneliti menyarankan agar guru sebaiknya mengembangkan media pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual siswa agar pemahaman dan keterampilan menulis kalimat efektif siswa dapat meningkat. Kata kunci: media pembelajaran, buku saku, kalimat efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, buku saku, kalimat efektif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 07:05 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 07:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42194 |
Actions (login required)
View Item |