PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS I-SPRING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MUPEL IPS KELAS V SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG


Wahyu Agustina Soliha, 1401416260 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS I-SPRING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MUPEL IPS KELAS V SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS I-SPRING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MUPEL IPS KELAS V SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS I-SPRING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MUPEL IPS KELAS V SDN KARANGANYAR 02 SEMARANG) - Submitted Version
Download (970kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Soliha, Wahyu Agustina. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring dengan Model Pembelajaran Group Investigation pada Mupel IPS Kelas V SDN Karanganyar 02 Semarang. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Arini Estiastuti, M.Pd. 124 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya media berbasis IT pada mupel IPS kelas V di SDN Karanganyar 02 sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring dengan model pembelajaran Group Investigation (GI). Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain media, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring di pembelajaran IPS kelas V SDN Karanganyar 02. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D), dengan prosedur penelitian yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian produk, dan produksi produk. Sampel penelitian adalah 28 siswa kelas V SDN Karanganyar 02 untuk uji pemakaian produk kelompok besar dan 18 siswa kelas V SDN Tugurejo 03 untuk uji coba produk kelompok kecil. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes meliputi pretest posttest, dan teknik nontes meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan diperoleh dari validator ahli media dengan presentase 100% dan ahli materi dengan presentase 98% termasuk dalam kriteria “sangat layak” . Uji Statistik menunjukkan thitung 7,622 lebih besar dari ttabel yaitu 2,051, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar IPS sebelum dan sesudah menggunakan Media pembelajaran interaktif berbasis iSpring dengan model pembelajaran GI. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis iSpring yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Saran dalam penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis iSpring dapat digunakan sebagai salah satu media inovatif dan efektif terhadap hasil belajar siswa pembelajaran IPS. Kata Kunci : media pembelajaran interaktif, iSpring, hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, iSpring, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:02
Last Modified: 18 Dec 2020 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42193

Actions (login required)

View Item View Item