KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI ( STUDI DI LEMBAGA PRA-TK & TK LAZUARDI KAMILA GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL (GCS) KOTA SURAKARTA)


Devy Mitha Nurjanah, 1601416029 (2020) KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI ( STUDI DI LEMBAGA PRA-TK & TK LAZUARDI KAMILA GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL (GCS) KOTA SURAKARTA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI ( STUDI DI LEMBAGA PRA-TK & TK LAZUARDI KAMILA GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL (GCS) KOTA SURAKARTA)]
Preview
PDF (KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI ANAK USIA DINI ( STUDI DI LEMBAGA PRA-TK & TK LAZUARDI KAMILA GLOBAL COMPASSIONATE SCHOOL (GCS) KOTA SURAKARTA))
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Nurjanah, Devy Mitha. 2020. Keterlibatan Orangtua Dalam Implementasi Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini ( Studi di Lembaga Pra-TK & TK Lazuardi Kamila Global Compassionate School (GCS) Kota Surakarta). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing : Diana, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : Keterlibatan Orangtua, PAUD Inklusi, Pendidikan Anak Usia Dini, Pra-TK & TK Lazuardi Kamila Global Compassionate School (GCS). Implementasi pendidikan inklusi anak usia dini di Indonesia menemui permasalahan dan tantangan tersendiri dalam pelaksanaannya. Keterlibatan orangtua dalam program sekolah menjadi peran penting dalam implementasi pendidikan inklusi agar berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk keterlibatan orangtua sebagai pendampingan untuk anak dari orangtua dalam implementasi pendidikan inklusi di Pra-TK & TK Lazuardi Kamila Global Compassionate School (GCS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode observasi dilakukan untuk mengetahui secara langsung program yang diadakan di sekolah dilanjutkan wawancara yang dilakukan bersama subjek penelitian. Keabsahan data yang digunakan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusi melibatkan peran orangtua yang diintegrasikan dalam program sekolah. Parenting education melibatkan orangtua sebagai tamu undangan maupun pembicara. Parents day sebagai kegiatan relawan orangtua dalam kegiatan belajar di kelas. Home visit untuk mengetahui keterlibatan orangtua dalam pembelajaran anak di rumah dan ada tambahan buku daily activity. Class conference untuk membentuk delegasi komite orangtua murid. Konseling melibatkan orangtua untuk membahas perkembangan anak. Bakti sosial dan pengajian keluarga besar lazuardi. Outing class, perayaan hari besar, car free day, family gathering atau outbond melibatkan orangtua. Bentuk keterlibatan orangtua juga dipengaruhi faktor pendukung berupa dukungan orangtua, komunitas dan lembaga masyarakat membantu terlaksananya program sekolah dengan melibatkan orangtua sebagai peran utama dalam pendidikan inklusi. Faktor yang menghambat adalah pengetahuan orangtua, kurangnya perhatian, orangtua murid yang memiliki kesibukan bekerja sehingga merasa kesulitan mengatur waktu antara pekerjaan dengan program sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Keterlibatan Orangtua, PAUD Inklusi, Pendidikan Anak Usia Dini, Pra-TK & TK Lazuardi Kamila Global Compassionate School (GCS).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:39
Last Modified: 18 Dec 2020 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42187

Actions (login required)

View Item View Item