HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS PLAWANGAN SITUS KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG


Marisatul Hasanah, 1401416222 (2020) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS PLAWANGAN SITUS KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS PLAWANGAN SITUS KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS PLAWANGAN SITUS KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG) - Submitted Version
Download (836kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Marisatul.Hasanah.2020. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Gugus Plawangan Situs Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Skripsi. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Sri Sami Asih, M.Kes. 148 halaman. Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji hubungan kebiasaan belajar terhadap keaktifan siswa; (2) menguji hubungan kemandirian belajar terhadap keaktifan siswa; (3) menguji hubungan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling yang berjumlah 111 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis product moment, uji prayarat (uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji hipotesis peneitian, uji F, uji korelasi ganda dan koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap keaktifan siswa, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori kuat yaitu sebesar 65,1%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap keaktifan siswa, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan kategori sangat cukup yaitu sebesar 39,3%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan kebiasaan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap keaktifan siswa, interpretasi keeratan korelasi menunjukkan hubungan yang kuat yaitu sebesar 55,6%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan kemandirian belajar terhadap keaktifan siswa siswa kelas IV SDN Gugus Plawangan Situs Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Kata kunci: keaktifan siswa; kemandirian belajar; kebiasaan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa; kemandirian belajar; kebiasaan belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:25
Last Modified: 18 Dec 2020 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42186

Actions (login required)

View Item View Item