MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI POHON LITERASI DI TK ISLAM TERPADU BINA AMAL SEMARANG


Siti Lestari, 1601415079 (2020) MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI POHON LITERASI DI TK ISLAM TERPADU BINA AMAL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI POHON LITERASI  DI TK ISLAM TERPADU BINA AMAL SEMARANG]
Preview
PDF (MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI POHON LITERASI DI TK ISLAM TERPADU BINA AMAL SEMARANG)
Download (927kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Siti Lestari. 2019. Meningkatkan Minat Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pohon Literasi Di TK Islam Terpadu Bina Amal Semarang. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Diana, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Minat Membaca Permulaan, Anak Usia 5-6 tahun, Pohon Literasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui pohon literasi di TK Islam Terpadu Bina Amal Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain one group pretest and posttest. Penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pohon literasi dan variable terikat dalam penelitian ini adalah minat membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Islam Terpadu Bina Amal Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang anak yang dipilih secara acak. Metode pengumpulan data melalui skala minat baca. Teknik analisis data yakni menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok tersebut berdistribusi normal dengan nilai preetest 0,284 > 0.05 dan posttest 0,180 > 0,05 dan dari hasil uji homogenitas kelompok tersebut bersifat homogen (0.396 > 0,05). Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan antara pretest dan posttest dengan rata-rata nilai pretest sebesar 62,60 dan rata-rata nilai posttest sebesar 99,13 dengan selisih rerata sebesar 36,53. Kesimpulan berdasarkan data tersebut terdapat peningkatan yang signifikan pada peningkatan minat membaca permulaan anakusia 5-6 tahun di TK IT Terpadu Bina Amal Semarang setelah diberikan perlakuan melalui media pohon literas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Minat Membaca Permulaan, Anak Usia 5-6 tahun, Pohon Literasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:22
Last Modified: 18 Dec 2020 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42184

Actions (login required)

View Item View Item