STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM K-13 PAUD DI TK KOTA SEMARANG


Maya Ferastuti, 1601413006 (2020) STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM K-13 PAUD DI TK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM K-13 PAUD DI TK KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI KURIKULUM K-13 PAUD DI TK KOTA SEMARANG)
Download (558kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ferastuti, Maya. 2020. Analisis Pelaksanaan Studi Evaluatif Implementasi Kurikulum K-13 PAUD Di TK Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Lita Latiana, SH, MH dan Amirul Mukmini, S.Pd.,M.Kes. Kata Kunci: Kurikulum K-13. Kurikulum 2013 merupakan suatu model kurikulum yang dapat mengintregrasikan skill, themes, concept, dan topic atau bisa dengan sebuah upaya penyederhanaan dan sifat-sifat yang tematik-instegratif, kurikulum sangatlah penting bagi pendidikan jika di dalam sebuah sekolahan tidak dilaksanakannya kurikulum dengan baik maka pendidikan tidak akan terlaksana dengan baik dan tidak dapat mencapai tujuan yang di harapkan. Permasalahan dalam peneliti untuk mendeskripsikan secara kritis tentang bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan bagaimana kendalanya dalam implementasi kurikulum 2013 Di TK Negeri Pembina dan TK Hidayatullah Islam Semarang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dengan jenis metode penelitian deskriptif. Data diambil menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan guru yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan kendalanya kurikulum 2013 yang ada di TK Negeri Pembina dan TK Islam Hidayatullah Semarang. Analisis hasil data penelitian studi evaluative implementasi kurikulum K-13 di TK Negeri Pembina dan TK Islam Hidayatullah Semarang, menunjukan bahwa perencanaan implementasi kurikulum 2013 PAUD di 2 lembaga PAUD dengan penyusunan PROTAH, PROSEM, RPPH, RPPM, dan perencanaan penilaian. Proses pengorganisasian selama penyusunan perencanaan sudah sesuai dengan yang di inginkan, pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilakukan saat pijakan sebelum bermain dan saat kegiatan pembelajaran. Saat tahapan komunikasi guru mampu penegasan saat mengkomunikasikan hasil karnyanya, proses evaluasi juga di laksanakan pengecekan ketika pembelajaran berlangsung atau di lakukan ketika pembelajaran telah usai, kendala yang di hadapi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah format perencanaan yang rumit, komunikasi antar guru dan pihak sekolahan yang bersangkutan, memfokuskan anak didik, menciptakan pembelajaran yang menarik bagi anak didik sesuai dengan panduan yang telah diberikan oleh pihak dinas yaitu meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kurikulum K-13.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:11
Last Modified: 18 Dec 2020 06:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42181

Actions (login required)

View Item View Item