KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA KELAS X


Novi Ririn Supriyanti , 4101405628 (2010) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA KELAS X]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA KELAS X) - Published Version
Download (726kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (i) Menganalisis apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan macromedia flash dapat mencapai ketuntasan belajar dalam kemampuan penalaran dan komunikasi, (ii) Menganalisis apakah rata-rata kemampuan penalaran dan komunikasi peserta didik dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan yang tidak berbantuan macromedia flash, (iii) Menganalisis apakah aktivitas dan minat berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA N 9 Semarang semester 2 tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 7 kelas. Penelitian ini mengambil sampel kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel tersebut dengan teknik sampling random. Kelas eksperimen diberi proses pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan macromedia flash, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada uji proporsi diperoleh Zhitung = 2,958≥ 1,64 = Ztabel. Hal ini berarti bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan kooperatif tipe STAD berbantuan macromedia flash materi pokok dimensi tiga pada peserta didik kelas X mencapai ketuntasan klasikal yaitu lebih dari 80% peserta didik tuntas individual (untuk KKM=63). Pada perhitungan uji beda dua rata-rata menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) = 0,017 kurang dari taraf signifikan (α) yang telah ditentukan yakni 0,05. Hal ini berarti rata-rata dengan bantuan SPSS hasil belajar siswa yang diajar menggunakan STAD berbantuan macromedia flash lebih baik daripada rata-rata hasil belajar peserta didik tanpa flash. Berdasarkan uji regresi lenear ganda menggunakan diperoleh F_hitung=30,000>3,30=F_tabel. Ini berarti persamaan regresi tersebut linier sehingga aktivitas dan minat belajar peserta didik berpengaruh terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika. Simpulan yang diperoleh berdasarkan penelitian adalah: (i) Kemampuan penalaran dan komunikasi matematika peserta didik yang mendapatkan nilai diatas 63 dengan pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash lebih dari ketuntasan klasikal yaitu 80%, (ii) Rata-rata hasil kemampuan penalaran dan komunikasi matematika dengan pembelajaran STAD berbantuan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan yang tidak berbantuan macromedia flash. (iii) Aktivitas dan minat peserta didik dalam pembelajaran dengan model STAD berbantuan macromedia flash mempengaruhi kemampuan pemahaman dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Macromedia Flash, Kemampuan Penalaran dan Komunikasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 03:05
Last Modified: 25 Apr 2015 05:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4218

Actions (login required)

View Item View Item