PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS POP-UP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN BEJI 02 UNGARAN


Rizky Sania, 1401416100 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS POP-UP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN BEJI 02 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN  MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS POP-UP  UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN  MEMBACA CEPAT BAHASA INDONESIA  KELAS IV SDN BEJI 02 UNGARAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS POP-UP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN BEJI 02 UNGARAN) - Submitted Version
Download (734kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sania, Rizky. 2020. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Pop-up Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Beji 02 Ungaran. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Drs. Sukardi, S.Pd., M.Pd. 114 halaman. Keterampilan membaca di Indonesia masih rendah dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan efisien. Berdasarkan dari hasil pra-penelitian melalui data wawancara, observasi, dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Beji 02, ditemukan beberapa permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Indonesia bahwa belum adanya media pembelajaran yang membuat peserta didik dapat meningkatkan kecepatan membacanya. Oleh sebab itu, perlu adanya pengembangan media buku cerita bergambar berbasis pop-up. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media buku cerita bergambar berbasis pop-up dan menguji kelayakan media buku cerita bergambar berbasis pop-up. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan model penelitian ADDIE yang telah disederhanakan menjadi 4 langkah yaitu (1) analyze; (2) design; (3) development; (4) implementation; (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Beji 02. Data diperoleh dari angket kebutuhan guru dan peserta didik. Sedangkan lembar validasi diisi oleh ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumen, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Layak” dan penilaian dari ahli media sebesar “93% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan revisi perbaikan media sehingga media layak diberikan pada peserta didik di kemudian hari. Simpulan dari penelitian ini adalah pengembangan media buku cerita bergambar berbasis pop-up didasarkan kebutuhan guru dan peserta didik dan permasalahan-permasalahan yang terdapat di kelas IV SDN Beji 02. Setelah media dikembangkan kemudian dilakukan penilaian oleh validator ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan media. Berdasarkan hasil penilaian media buku cerita bergambar berbasis pop-up layak digunakan dalam pembelajaran membaca cepat Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar dengan beberapa perbaikan. Adapun Saran dalam pengembangan media buku cerita pop-up terletak pada perpaduan warna gelap dan terang. Kemudian penulisan cerita menggunakan bahasa yang baku. Kata kunci: Buku Cerita, Membaca Cepat, Pop-up

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita, Membaca Cepat, Pop-up
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:59
Last Modified: 18 Dec 2020 05:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42179

Actions (login required)

View Item View Item