HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi pada Sekolah Kejar Paket C di Kabupaten Semarang)


Achmat Zulianto, 1511416066 (2020) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi pada Sekolah Kejar Paket C di Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi pada Sekolah Kejar Paket C di Kabupaten Semarang)]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN REMAJA PUTUS SEKOLAH (Studi pada Sekolah Kejar Paket C di Kabupaten Semarang))
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Zulianto, Achmat. 2020. Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Orientasi Masa Depan Remaja Putus Sekolah (Studi pada Sekolah Kejar Paket C di Kabupaten Semarang). Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Skripsi ini disusun dibawah bimbingan Dra. Tri Esti Budiningsih, M.A. Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Orientasi Masa Depan Orientasi masa depan merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan oleh individu. Salah satu faktor yang dapat menentukan atau mengarahkan orientasi masa depan adalah dukungan dari orang tua, dukungan yang diberikan orang tua terhadap remaja dapat memberikan keterampilan dasar bagi remaja dalam kaitannya untuk mempersiapkan masa depannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hubungan antara dukungan orang tua dengan orientasi masa depan pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja berusia 15-22 tahun yang mengikuti kejar paket C di Kabupaten Semarang (N=92) yang berasal dari empat sekolah kejar paket C di Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan skala psikologi yang disusun berdasarkan aspek pada kedua variabel penelitian dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. rentang corrected item-total correlation pada skala orientasi masa depan yaitu antara 0,317 sampai dengan 0,750 dengan 35 aitem yang valid dan mempunyai nilai reliabilitas skala sebesar 0,928. rentang corrected item-total correlation pada skala dukungan orang tua antara 0,315 sampai dengan 0,816 dengan 34 aitem yang valid dan nilai reliabilitas skalanya sebesar 0,939. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara dukungan orang tua dengan orientasi masa depan pada remaja putus sekolah yang mengikuti kejar paket C di Kabupaten Semarang. Hal ini berarti bahwa dukungan orang tua memiliki hubungan yang positif terhadap orientasi masa depan remaja putus sekolah. Orang tua yang memberikan perhatian dan dukungan kepada anak dapat mempengaruhi persiapan dan perencanaan remaja dalam menghadapi masa depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Orientasi Masa Depan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 06:02
Last Modified: 18 Dec 2020 06:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42178

Actions (login required)

View Item View Item