PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN WONOSARI 03 SEMARANG


Laeli Izkiyah, 1401416098 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN WONOSARI 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MONTASE  UNTUK MENINGKATKAN  KETERAMPILAN MENULIS NARASI  MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN WONOSARI 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN WONOSARI 03 SEMARANG) - Submitted Version
Download (715kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Izkiyah, Laeli. 2020. Pengembangan Media Gambar Berseri Berbasis Montase Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SDN Wonosari 03 Semarang. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Sukardi, S.Pd., M.Pd. 90 halaman. Berdasarkan observasi dan wawancara di SDN Wonosari 03, permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar yaitu media yang tersedia masih terbatas untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan gambar berseri untuk mengatasi keterampilan menulis narasi siswa kelas tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan menguji kelayakan dari media gambar berseri berbasis montase. Penelitian ini memakai teori Borg and Gall yang telah disesuaikan menjadi enam langkah, yaitu observasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi desain, dan uji coba produk skala kecil. Pemerolehan data dari angket kebutuhan guru dan siswa, sedangkan lembar validasi berasal dari ahli media dan materi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, dan analisis data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media gambar berseri mendapat kriteria sangat baik dari tanggapan guru dan siswa melalui model pengembangan dari teori Borg and Gall. Persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Persentase yang didapat dari ahli media adalah 94,1% dengan kriteria sangat layak. Hasil belajar uji skala kecil mengalami peningkatan dengan perolehan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu 1) Pengembangan media gambar berseri menggunakan teori Borg and Gall. 2) Kriteria penilaian kelayakan media dan materi sangat layak. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk mengembangkan media yang lebih banyak untuk belajar menulis. Kata kunci: menulis narasi, montase, gambar berseri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:53
Last Modified: 18 Dec 2020 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42177

Actions (login required)

View Item View Item