PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 5 KLALING KUDUS


Denna Meidita Fahroza, 1401416097 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 5 KLALING KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN  MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 5 KLALING KUDUS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI KELAS V SDN 5 KLALING KUDUS) - Submitted Version
Download (901kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fahroza, Denna Meidita. 2020. Pengembangan Media Big Book Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Kelas V SDN 5 Klaling Kudus. Sarjana Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Sukardi S.Pd., M.Pd. 97 halaman. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran, wawancara pada guru kelas V SDN 5 Klaling Kudus, dan dokumentasi diperoleh informasi bahwa penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia kurang bervariasi, hanya menggunakan buku cerita bergambar. Selain itu minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih rendah. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya siswa yang kurang aktif ketika ada materi yang banyak bacaannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan usaha dengan cara mengembangkan media pembelajaran berupa media digital dalam bentuk aplikasi dengan materi teks eksplanasi tentang perpindahan kalor secara konveksi pada siswa kelas V SDN 5 Klaling Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media big book berbasis multimedia dan menguji kelayakan media big book berbasis multimedia pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Model pengembangan yang digunakan menurut Sugiyono yang telah disesuaikan menjadi lima langkah, yaitu: (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi ahli, dan (5) revisi desain. Data penelitian diperoleh melalui angket kebutuhan guru dan kebutuhan siswa, sedangkan lembar validasi diperoleh dari ahli media, bahasa, dan materi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk berupa analisis kelayakan media, validitas soal, reliabilitas soal membaca pemahaman, validitas rubrik, dan reliabilitas rubrik penilaian keterampilan membaca pemahaman. Media big book berbasis multimedia dikembangkan melalui analisis potensi dan masalah; pengumpulan data terkait kebutuhan guru dan siswa; mendesain media sesuai kebutuhan; menguji kelayakan media; dan revisi media sesuai saran ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media big book sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian sebesar 94% sedangkan persentase kelayakan bahasa dan materi sebesar 86,25%. Simpulan penelitian ini adalah media big book berbasis multimedia dikembangkan menggunakan lima tahapan menurut Sugiyono. Media big book berbasis multimedia sangat layak digunakan pada pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi bahasa Indonesia kelas lima sekolah dasar. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan media big book berbasis multimedia dengan memperhatikan kekurangan media big book dari segala aspek untuk kemudian disempurnakan. Kata Kunci: Big Book; Membaca Pemahaman; Multimedia; Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Big Book; Membaca Pemahaman; Multimedia; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:47
Last Modified: 18 Dec 2020 05:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42175

Actions (login required)

View Item View Item