Hubungan Antara School Well-Being dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMPN X Ngawen


Afif Muhsinin, 1511415064 (2020) Hubungan Antara School Well-Being dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMPN X Ngawen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara School Well-Being dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMPN X Ngawen]
Preview
PDF (Hubungan Antara School Well-Being dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMPN X Ngawen)
Download (589kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Muhsinin, Afif.2020. Hubungan School Well-being dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMPN X Ngawen.Skripsi.Jurusan Psikologi.Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Semarang.Pembimbing : Dra. Tri Esti Budiningsih, S.Psi., M.A Kata Kunci: school well-being, motiasi belajar, sistem zonasi. Adanya sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) membuat calon peserta terbatasi dalam memilih sekolah yang diinginkan. Sistem zonasi meminimkan persaingan akademik melainkan jarak rumah sebagai pertimbangan utama sekolah dalam menerima calon peserta didik. Hal ini memunculkan masalah berupa siswa yang cenderung kurang termotivasi dalam belajar agar mendapatkan pencapaian akademik. Salah satu hal yang memengaruhi motivasi belajar siswa adalah faktor eksternal berupa lingkungan. Kurangnya motivasi belajar siswa tersebut berkaitan dengan lingkungan sekolah dimana dia berada yang kurang mendukung kebutuhan belajarnya atau disebut school well-being. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan school well-being dengan motivasi belajar pada siswa SMPN X Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan populasi sejumlah 59 siswa kelas 8 SMPN X Ngawen. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan dua skala yaitu skala motivasi belajar dan skala school well-being. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rank spearman dengan bantuan program pengolah data. Hasil olah data menunjukkan ada hubungan school well-being dan motivasi belajar dengan signifikansi sebesar 0,031 dan r = 0,281 yang menunjukkan arah hubungan yang positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: school well-being, motiasi belajar, sistem zonasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:43
Last Modified: 18 Dec 2020 05:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42174

Actions (login required)

View Item View Item