PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBANTUAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG


Ummu Kholifah, 1401416096 (2020) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBANTUAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN  BUKU SAKU BERBANTUAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBANTUAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SAMPANGAN 01 SEMARANG) - Submitted Version
Download (769kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kholifah, Ummu. 2020. Pengembangan Buku Saku Berbantuan Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Kelas V SDN Sampangan 01 Semarang. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Sukardi, S.Pd., M.Pd. 118 halaman. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar resmi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran baik secara lisan maupun tulisan. Penguasaan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan menunjang proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan identifikasi masalah di kelas V SDN Sampangan 01 Semarang melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi ditemukan bahwa dalam muatan bahasa Indonesia terutama keterampilan menulis teks eksplanasi masih rendah serta belum tersedianya media untuk materi menulis teks eksplanasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan usaha dengan cara mengembangkan media berupa buku saku berbantuan gambar berseri untuk materi menulis teks eksplanasi bahasa Indonesia kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta keefektifan buku saku berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi di kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and Development (R&D). model pengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono yang disesuaikan menjadi 8 langkah, yaitu: (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi ahli, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sampangan 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t, dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku berbantuan gambar berseri yang dikembangkan sesuai angket kebutuhan siswa dan guru. Buku saku sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 89%, ahli materi sebesar 94%, dan ahli bahasa sebesar 95% . Buku saku berbantuan gambar berseri efektif digunakan berdasarkan hasil uji-t yang menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan pada rata-rata hasil belajar ranah keterampilan siswa sebelum dan sesudah menggunakan media dengan thitung lebih dari ttabel yaitu 4,89>1,99 dan pada uji n-gain didapatkan hasil perhitungan sebesar 0,53 dengan selisih rata-rata sebesar 21,2 dan termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah buku saku berbantuan gambar berseri dikembangkan sesuai kebutuhan guru dan siswa dan dinyatakan layak serta efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks eksplanasi untuk kelas V SD. Saran yang disampaikan bahwa buku saku berbantuan gambar berseri ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang dapat dikembangkan guru sehingga lebih bervariasi agar hasil belajar dan pemahaman siswa dapat meningkat. Kata Kunci: buku saku, gambar berseri, teks eksplanasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku, gambar berseri, teks eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:42
Last Modified: 18 Dec 2020 05:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42173

Actions (login required)

View Item View Item