KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TERATAI PEKALONGAN


Salwa Yasinta Maula, 1401416094 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TERATAI PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TERATAI PEKALONGAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS TERATAI PEKALONGAN) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Maula, Salwa Yasinta. 2020. Keefektifan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Video pada Hasil Belajar Mupel IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Teratai Pekalongan. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Sri Sulistyorini, M.Pd. 322 halaman. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di kelas IV SDN Gugus Teratai Pekalongan diperoleh bahwa hasil belajar mupel IPA masih rendah dikarenakan model dan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan inovatif serta siswa yang cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Dari permasalahan yang ada, maka diperlukan adanya perlakuan yaitu dengan menerapkan model quantum teaching berbantuan media video yang memungkinkan siswa menjadi lebih aktif dan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Quantum Teaching berbantuan media video lebih efektif dibandingkan dengan model Picture and Picture berbantuan media video pada hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Teratai Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Quantum Teaching berbantuan media video dibandingkan dengan model Picture and Picture berbantuan media video pada hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Teratai Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gugus Teratai Pekalongan yang berjumlah 132 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar diantara kelas eksperimen dan kelas control. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent t-test bahwa t_hitung > t_tabel (3,672 > 1,684) dan dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil uji n-gain juga menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar mupel IPA kelas eksperimen (0,5627) lebih tinggi dibandingkan kelas control (0,3197). Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching berbantuan media video lebih efektif dibandingkan model Picture and Picture berbantuan media video pada hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Teratai Pekalongan. Saran yang diberikan yaitu diharapkan model Quantum Teaching berbantuan media video dapat dijadikan alternative model pembelajaran bagi guru untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: hasil belajar, keefektifan, media video, mupel IPA, quantum teaching.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keefektifan, media video, mupel IPA, quantum teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:38
Last Modified: 18 Dec 2020 05:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42172

Actions (login required)

View Item View Item