PENGARUH LITERASI DAN KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD DABIN IV DAN V KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG


Dandy Yudha Herawan, 14014716482 (2020) PENGARUH LITERASI DAN KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD DABIN IV DAN V KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI DAN  KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD DABIN IV DAN V KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH LITERASI DAN KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD DABIN IV DAN V KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG)
Download (931kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Herawan, Dandy Yudha. 2020. Pengaruh Literasi Dan Ketersediaan Media Pembelajaran Terhadap Pemanfaatan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Dra Marjuni, M.Pd. 271. Kata kunci: ketersediaan TIK, literasi TIK, pemanfaatan TIK. TIK. Hasil wawancara kepada kepala sekolah di SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang pemanfaatan media berbasis TIK tergolong rendah. Rendahnya pemanfaatan media berbasis TIK dipengaruhi oleh literasi TIK guru dan ketersediaan media berbasis TIK di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi TIK dan ketersediaan media berbasis TIK terhadap pemanfaatan media berbasis TIK di SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah suluruh guru kelas SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang yang berjumlah 137. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, multikolinearitas, dan uji heteroskidastisitas. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi ganda, analisis regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan analisis regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan literasi TIK terhadap pemanfaatan media berbasis TIK SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, yang dibuktikan dengan perolehan thitung>ttabel (4,941>1,983) dengan pengaruh sebesar 19,5%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan media berbasis TIK terhadap pemanfaatan media berbasis TIK SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, yang dibuktikan dengan perolehan thitung>ttabel (2,833> 1,983), dengan pengaruh sebesar 7,4%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan literasi TIK dan ketersediaan media berbasis TIK secara bersama-sama terhadap pemanfaatan media berbasis TIK SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, yang dibuktikan dengan uji F yang memeroleh Fhitung>Ftabel (14,049>3,087) dengan pengaruh sebesar 21,9%. Disimpulkan bahwa literasi TIK dan ketersediaan media berbasis TIK berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pemanfaatan media berbasis TIK SD Dabin IV Dan V Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Saran peneliti bahwa guru harus meningkatkan literasi TIK dan pemanfaatan media TIK karena tuntutan zaman sekarang. Sekolah dapat menambah sarana agar guru dapat memanfaatan media TIK di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ketersediaan TIK, literasi TIK, pemanfaatan TIK. TIK.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:38
Last Modified: 18 Dec 2020 05:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42171

Actions (login required)

View Item View Item