KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS BUNG KARNO


Inna Mawaddah, 1401416092 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS BUNG KARNO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS BUNG KARNO]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA HASIL BELAJAR MUPEL IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS BUNG KARNO) - Submitted Version
Download (951kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mawaddah, Inna. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantuan Media Video Pada Hasil Belajar Mupel IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Bung Karno. Sarjana Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Sri Sulistyorini, M.Pd. 278 Halaman Permasalahan di SDN Gugus Bung Karno adalah pembelajaran yang belum terlaksana secara maksimal, penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariatif. Perlu adanya penerapan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media video untuk membuat siswa ikut berperan aktif. Tujuannya : untuk menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media video terhadap hasil belajar mupel IPA siswa kelas IV SDN Gugus Bung karno. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan bentuk Noniquivalent Control Group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Bung Karno, dengan sampel SDN Jatipecaron dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN 5 Gubug dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi, obeservasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu sebesar 1.754 > 1.671. Maka terdapat perbedaan rata – rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control. Kesimpulan model Jigsaw berbantuan media video efektif untuk pembelajaran IPA, diperkuat dengan hasil n-gain. Hasil penghitungan n- gain untuk pembelajaran kelas eksperimen sebesar 0,47 dan pada kelas control sebesar 0,33. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw berbantuan media video efektif digunakan dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV. Saran dari peneliti sebaiknya guru dapat menggunakan Model Jigsaw berbantuan media video pada mata pelajaran lain, untuk sekolah dapat memberikan motivasi guru – guru untuk mengemangkan model Jigsaw ini dengan baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Jigsaw, Keefektifan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Jigsaw, Keefektifan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:34
Last Modified: 18 Dec 2020 05:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42170

Actions (login required)

View Item View Item