PENGARUH GADGET DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL
Syarrofatuddini, 1401416082 (2020) PENGARUH GADGET DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH GADGET DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA DI SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Syarrofatuddini. (2020). Pengaruh Gadget dan Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang: Drs. Ahmad Junaedi, M.Pd. 249. Kata Kunci: gadget, hasil belajar IPS, minat baca Suatu proses belajar dapat dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa tinggi. Hasil belajar adalah hasil dari proses belajar siswa, diantaranya pelajaran IPS. Berdasarkan hasil wawancara awal, hasil belajar IPS tergolong rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu penggunaan gadget yang sudah banyak di salahgunakan serta minat baca siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gadget dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yang berjumlah 215 siswa. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 140 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Data penelitian dapat dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis korelasi berganda, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif antara gadget terhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 8,872 > 1,977 dan korelasi keduanya sebesar 0,603 atau kuat. Besar sumbangan gadget terhadap hasil belajar IPS sebesar 13,9%; (2) ada pengaruh positif antara minat baca terhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 9,484 > 1,977 dan korelasi keduanya sebesar 0,541 atau sedang. Besar sumbangan minat baca terhadap hasil belajar IPS sebesar 24,2%; (3) ada pengaruh positif antara gadget dan minat baca terhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel yaitu (23,910 > 3,062) dan korelasi ganda dalam kategori kuat (0,714). Besar sumbangan gadget dan minat baca terhadap hasil belajar IPS sebesar 25,9%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gadget dan minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal sebesar 25,9%. Disarankan pada pihak sekolah dan guru untuk meningkatkan kerjasama dengan orang tua dalam rangka memerhatikan durasi penggunaan gadget siswa saat di rumah sehingga siswa dapat memanfaatkan gadget untuk menemukan ide-ide baru dan menarik serta memfasilitasi variasi buku bacaan menarik dan terkini yang dapat menambah minat baca karena berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gadget, hasil belajar IPS, minat baca |
Subjects: | L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 05:30 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 05:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42169 |
Actions (login required)
View Item |