KEEFEKTIFAN PROBLEM SOLVING BERBASIS TEORI BRUNER DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG


Dhiya Afifah Meiliyani, 1401416475 (2020) KEEFEKTIFAN PROBLEM SOLVING BERBASIS TEORI BRUNER DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PROBLEM SOLVING  BERBASIS TEORI BRUNER  DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PROBLEM SOLVING BERBASIS TEORI BRUNER DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD 2 BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Meiliyani, Dhiya Afifah. 2020. Keefektifan Problem Solving Berbasis Teori Bruner ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 2 Banjardawa Kabupaten Pemalang. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Drs. Yuli Witanto, M, Pd. 413. Kata Kunci: Hasil Belajar; Minat Belajar; Problem Solving; Teori Bruner Berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran matematika salah satunya yaitu guru kurang berinovasi dalam mengemas pembelajaran. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat pembelajaran menjadi monoton sehingga pasif dan kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Pembelajaran seperti berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran model Problem Solving berbasis teori Bruner. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Problem Solving berbasis teori Bruner dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 siswa terdiri dari kelas IVA dan IVB SD 2 Banjardawa Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent sample t-test dan one sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis minat belajar siswa menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa thitung > ttab/el (2,084 > 2,012) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,178 > 2,012). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat dan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan hasil uji hipotesis minat belajar menggunakan one sample t-test diperoleh thitung > ttabel (2,786 > 1,711) dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (2,842 > 1,711). Berdasarkan penghitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa problem solving berbasis teori Bruner efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 2 Banjardawa Kabupaten Pemalang. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan model problem solving berbasis teori Bruner karena dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar; Minat Belajar; Problem Solving; Teori Bruner
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:31
Last Modified: 18 Dec 2020 05:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42166

Actions (login required)

View Item View Item