KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI TRAYEMAN 3


Henkgar Nugroho, 1401416070 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI TRAYEMAN 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI TRAYEMAN 3]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTU MEDIA LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI TRAYEMAN 3)
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Nugroho, Henkgar. 2020. Keefektifan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Media Lectora Inspire Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Trayeman 3 Kabupaten Tegal. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Drs. Yuli Witanto, M.Pd. 462. Kata Kunci: hasil belajar; minat belajar; model think pair share (TPS) berbantu media lectora inspire. Mayoritas guru lebih terampil menerapkan pembelajaran konvensional yang berdampak pada kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran matematika, sehingga berakibat pada rendahnya minat dan hasil belajar. Hal ini dibutuhkan adanya pembaharuan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran model think pair share (TPS) berbantu media lectora inspire. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model TPS berbantu media lectora inspire dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika khususnya materi volume bangun ruang kubus dan balok. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain quasi experimental bentuk nonequivalent qontrol group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 54 siswa kelas V SD Negeri Trayeman 3 Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 27 siswa kelas VA dan 27 siswa kelas VB. Seluruh populasi dijadikan sebagai anggota sample karena peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan kesamaan rata-rata. Analisis akhir atau pengujian hipotesis pada penelitian ini penggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis pertama (uji perbedaan) data minat belajar menggunakan Independent Samples T Test menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,369 > 2,006), dan pada data hasil belajar diperoleh thitung 4,498 > ttabel 2,006. Hal ini berarti terdapat perbedaan antara minat dan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran model TPS berbantu media lectora inspire dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis kedua (uji keefektifan) data minat belajar menggunakan One Samples T Test diperoleh thitung > ttabel (55,434 > 2,055), dan pada data hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (10,479 > 2,055). Melalui perhitungan tersebut, dapat diketahui bahwa minat dan hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran TPS berbantu media lectora inspire lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model TPS berbantu media lectora inspire efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi volume bangun ruang kubus dan balok. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan model TPS berbantu media lectora inspire karena dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; minat belajar; model think pair share (TPS) berbantu media lectora inspire.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:16
Last Modified: 18 Dec 2020 05:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42165

Actions (login required)

View Item View Item