PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENANGANAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KROBOKAN KOTA SEMARANG


Ida Probosari, 1201416044 (2020) PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENANGANAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KROBOKAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENANGANAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KROBOKAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENANGANAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN KROBOKAN KOTA SEMARANG) - Submitted Version
Download (825kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Probosari, Ida. 2020. Peran Serta Masyarakat dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga di Kelurahan Krobokan Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Emmy Budiartati, M.Pd Kata Kunci: Peran Serta Masyarakat, Sampah Rumah Tangga, Bank Sampah. Peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan penanganan sampah yang mandiri. Bank Sampah Resik Becik merupakan wadah dalam pengelolaan sampah rumah tangga yang berada di Krobokan Semarang dengan menerapkan sistem dalam menangani sampah berbentuk tabungan sampah dan kreasi sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk peran serta masyarakat, dampak, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanganan sampah melalui bank sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 9 responden yang terdiri dari 1 pendiri bank sampah, 3 pegawai bank sampah, 3 nasabah, 1 Ketua RW, dan 1 pegawai Kelurahan Krobokan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk peran serta masyarakat dilakukan melalui empat tahapan. (1) Tahap pengambilan keputusan masyarakat sudah diikutsertakan dalam musyawarah untuk membahas program bank sampah, (2) Pada tahap pelaksanaan masyarakat sudah berperan serta dalam menabung sampah dan sebagian menjadi pengrajin kreasi, (3) Pada tahap pengambilan manfaat, tujuan untuk memberdayakan masyarakat telah tercapai namun belum optimal (4) Pada tahap terakhir yaitu evaluasi, masyarakat belum diikutsertakan dalam proses evaluasi dan hanya dilakukan oleh pengurus bank sampah. Keikutsertaan masyarakat dalam penanganan sampah memberikan dampak dari segi sosial, lingkungan, dan ekonomi. Adanya dukungan dari pemerintah dan Kelurahan Krobokan berpotensi menjadi Desa Wisata Lingkungan merupakan fakor pendukung. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan lahan bank sampah, sistem operasional yang belum maksimal dan marketing yang kurang. Disimpulkan secara umum bahwa peran serta masyarakat dalam penanganan sampah rumah tangga masih pasif hal ini dilihat dari empat indikator peran serta masyarakat terdiri dari proses pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa masyarakat belum sepenuhnya ikut berperan serta dalam penanganan sampah dan menghasilkan nilai ekonomis. Saran perlu adanya peningkatan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah yaitu melalui cara sosialisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Serta Masyarakat, Sampah Rumah Tangga, Bank Sampah.
Subjects: L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 18 Dec 2020 05:00
Last Modified: 18 Dec 2020 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42162

Actions (login required)

View Item View Item