KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LKS TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL ULUM SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Dian Nor Ekowati , 4101405594 (2010) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LKS TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL ULUM SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LKS TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL ULUM SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LKS TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NURUL ULUM SEMARANG PADA MATERI POKOK KUBUS DAN BALOK TAHUN PELAJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (660kB) | Preview

Abstract

Matematika sebagai ilmu dasar banyak digunakan dalam bidang ilmu kehidupan. Matematika yang bersifat abstrak menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Agar tujuan pembelajaran tercapai, guru mata pelajaran matematika perlu memilih model pembelajaran yang tepat, yang mengedepankan kerjasama karena kerjasama merupakan nilai dasar yang harus ditanamkan pada anak sejak awal. Salah satu model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan LKS. Model pembelajaran ini diharapkan lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode ekspositori dalam pencapaian hasil belajar dan peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi pokok kubus dan balok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan LKS efektif terhadap pencapaian Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa SMP Nurul Ulum Semarang pada materi kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan LKS terhadap pencapaian hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIII SMP Nurul Ulum Semarang pada materi kubus dan balok. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nurul Ulul Semarang. Dipilih dua kelas secara random sampling, yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dikenai metode pembelajaran ekspositori dengan bantuan LKS dan VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan LKS. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembedanya. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes akhir dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh ttabel = 1,667, sedangkan nilai thitung = 10,486. Oleh karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, rata-rata hasil tes belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Dari hasil observasi juga diketahui bahwa aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model ini selalu mengalami peningkatan. Pembelajaran I 67,5%, pembelajaran II 77,5%. Jadi, simpulannya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbantuan LKS lebih efektif dari pada dengan metode ekspositori dengan bantuan LKS. Saran yang dapat peneliti berikan setelah melakukan penelitian ini adalah diharapkan guru dapat mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan menerapkan pada materi pokok lain yang sesuai. Kerjasama harus diterapkan pada anak sejak awal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 02:44
Last Modified: 25 Apr 2015 05:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4215

Actions (login required)

View Item View Item