POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN ANAK (KASUS ANAK USIA SEKOLAH UMUR 15 -17 TAHUN DESA SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL)


Darmawan Budi Purnomo, 3401413136 (2019) POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN ANAK (KASUS ANAK USIA SEKOLAH UMUR 15 -17 TAHUN DESA SUKOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3401413136.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (718kB) | Preview

Abstract

Orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi sebagai lembaga pendidikan yang pertama, artinya awal mulai proses pendidikan. Sehingga orang tua berperan sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Setiap orangtua mempunyai cara sendiri dalam mengasuh dan mendidik anaknya agar menjadi anak yang diinginkan oleh orangtuanya. Karena dari orangtualah anak mendapatkan pendidikan untuk pertama kalinya serta menjadi dasar perkembangan dan kehidupan anak di kemudian hari. Orangtua memberikan dasar pembentukan tingkah laku, watak, moral dan pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang di terapkan orang tua dalam menunjang pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Fokus penelitian ini adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam menunjang pendidikan anak yang masih dalam usia sekolah 15 – 17 tahun. Subjek penelitian adalah orang tua yang menerapkan pola asuh kepada anak. Pengambilan informan berdasarkan kriteria dan dianggap memenuhi dan merasakan tentang penerapan pola asuh orang tua. Informan utama adalah orang tua yang menerapakan pola asuh orang tua. Informan pendukung adalah anak dari orang tua yang menerapkan pola asuh dan masyarakat Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, mengelompokkan, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori pola asuh oleh Elisabeth Bergner Hurlock mengenai jenis-jenis pola asuh. Hasil penelitian pola asuh dalam menunjang pendidikan anak : (1) pada pola asuh demokratis interaksi antara orangtua dan anak berlangsung intensif, (2) pada pola asuh otoriter orangtua sebagai penguasa dalam keluarga yang memaksa anak untuk berperilaku sesuai dengan yang diinginkan oleh orangtua (3) pola asuh permisif anak sangat dibebaskan dalam melakukan kegiatan yang diingikan oleh anak tetapi orangtua tetap memberikan batasan-batasan yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan (4) kendala orangtua dalam menerapkan polas asuh yang diinginkan oleh orangtua yang pertama yaitu kendala ekonomi dan waktu. Saran yang diajukan penulis dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Orangtua harus memahami apa yang diinginkan oleh anak dan memberikan arahan yang tepat tanpa membuat anak merasa tertekan supaya anak dapat berperilaku yang sesuai dengan nilai dan norma (2) Bagi masyarakat Desa Sukorejo, agar dapat menerapkan pola asuh yang tepat bagi anak. Dalam masa perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Anak, Orang Tua, Pendidikan, Pola Asuh
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 06:54
Last Modified: 17 Dec 2020 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42131

Actions (login required)

View Item View Item