STRATEGI PERILAKU ORANG TUA MURID TERHADAP KEBIJAKAN ZONASI SEKOLAH PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI DESA KRAMAT KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG


Panji Adam Inkim, 3401416040 (2020) STRATEGI PERILAKU ORANG TUA MURID TERHADAP KEBIJAKAN ZONASI SEKOLAH PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI DESA KRAMAT KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3401416040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebijakan zonasi sekolah adalah kebijakan yang ditujukan untuk mengatasi permasalahan pemerataan pendidikan. Kebijakan tersebut mengharuskan sekolah untuk memprioritaskan peserta didik dengan jarak terdekat. Akan tetapi, kebijakan tersebut tidak dibarengi dengan pemerataan kualitas sekolah. Hal tersebut menjadikan masyarakat merasa dirugikan dengan adanya kebijakan tersebut. Salah satu masyarakat yang merasa dirugikan adalah masyarakat Desa Kramat, khususnya orang tua murid pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Kramat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui bentuk strategi perilaku orang tua murid terhadap kebijakan zonasi sekolah pada tingkat sekolah menengah pertama; dan 2) Mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi bentuk strategi perilaku orang tua murid terhadap kebijakan zonasi sekolah pada tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi sejak 04 Maret 2020 sampai 06 April 2020 dan dilanjutkan kembali 09 Juli 2020 sampai 12 Juli 2020. Pelaksanaan penelitian menggunakan 7 orang informan utama dan 4 informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi perilaku orang tua murid tingkat SMP di Desa Kramat secara besar terbagi menjadi 4 yaitu mendampingi anaknya pada saat belajar, Memasukan anaknya ke dalam Lembaga bimbingan belajar, membekali ilmu agama, dan menjalin komunikasi dengan orang tua di lingkungan terdekat. 2) Faktor yang melatarbelakangi bentuk perilaku sosial orang tua murid yang paling berpengaruh adalah tingkat pendapatan orang tua, budaya di dalam keluarga, lingkungan sekitar. Saran dari peneliti bagi orang tua murid tingkat SMP hendakya tetap memberikan perhatian terhadap pendidikan bagi anak, walaupun sebagian orang tua murid sudah melakukan perhatiam yang baik. Bagi orang tua murid yang masih belum memperhatikan pendidikan bagi anak, hendaknya lebih memperhatikanya lagi. Bagi pihak sekolah dasar yang terdapat di Desa Kramat hendaknya memberikan informasi bagi orang tua murid mengenai sistem pendaftaran masuk sekolah tingkat sekolah menengah pertama. Bagi Pemerintah hendaknya melakukan pemerataan kualitas sekolah yang ada di Indonesia.Hal tersebut agar tidak ada masyarakat yang merasa dirugikan akibat adanya kebijakan zonasi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Orang Tua Murid, Zonasi sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:00
Last Modified: 17 Dec 2020 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42119

Actions (login required)

View Item View Item