PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) BAGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU IPS DI KABUPATEN JEPARA


Azizun Muttaqin, 3601415030 (2020) PERAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) BAGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS GURU IPS DI KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601415030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan wadah bagi guru untuk melaksanakan pertemuan dan kegiatan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam meningkatkan profesionalitas guru. Program kegiatan bagi pengembangan kreativitas guru yang dilaksanakan memberi peran yang sangat baik bagi pengembangan kreativitas guru. Masalah dikaji dalam penelitian yaitu: (1) bagaimana pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP di Kabupaten Jepara, (2) bagaimana program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bagi pengembangan kreativitas Guru IPS SMP di Kabupaten Jepara, (3) kendala-kendala apa sajakah yang dihadapi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) bagi pengembangan kreativitas Guru IPS SMP di Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Ketua MGMP, Pengurus MGMP dan anggota MGMP. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan MGMP IPS SMP Kabupaten Jepara telah berjalan dengan baik. Program yang diaksanakan dipusatkan pada pokja-pokja (kelompok kerja). Program yang dilaksanakan MGMP memberikan peran yang sangat baik bagi pengembangan kreativitas guru IPS SMP di Kabupaten Jepara dalam menerapkan berbagai model dan metode pembelajaran yang kreatif untuk pembelajaran di sekolah. Kendala-kendala yang dihadapi MGMP adalah jumlah anggota banyak, wilayah yang luas, belum memiliki barang inventaris sendiri dan tugas tambahan guru. Saran untuk MGMP IPS SMP Kabupaten Jepara sebaiknya membagi pokja menjadi lebih banyak dan memiliki barang inventaris untuk memaksimalkan keaktifan anggota dan keefektifan kegiatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MGMP, Pengembangan, Kreativitas, Guru Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:42
Last Modified: 17 Dec 2020 03:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42114

Actions (login required)

View Item View Item