UPAYA GURU IPS SMP/MTS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN IPS DI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI


Desvi Prihapsari, 3601415037 (2020) UPAYA GURU IPS SMP/MTS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN IPS DI KECAMATAN WEDARIJAKSA KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601415037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS di SMP/MTS memiliki pengembangan yang berbeda-beda. Hal ini didukung oleh kompetensi guru di setiap masing-masing sekolah tersebut. Kemajuan jaman menuntut seorang guru harus bisa menguasai teknologi dan informasi. Selain itu perkembangan dan perubahan budaya kedepanya sangat mempengaruhi paradigma pembelajaran terutama di abad 21. Keterampilan abad 21 yang harus dikuasai tersebut yaitu komunikasi, berkolaborasi, berpikir kritis dan mengatasi masalah, serta kreatif dan inovatif. Pengembangan tersebut perlu dilakukan untuk mempersiapkan generasi yang dapat bersaing di lingkungan masyarakat kedepanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya pengembangan keterampilan abad 21 yang di lakukan guru IPS di SMP/MTS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari informan, hasil pengamatan, dan dokumen. Alat dan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini diuji dengan teknik triangulasi. Teknik analisis datanya melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Upaya guru IPS SMP/MTS dalam meningkatkan kemampuan mengajar mata pelajaran IPS di lima sekolah di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati yaitu guru mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten, menggunakan pelatihan online yaitu Siamolec dan non online yaitu seminar dan In House Training. (2) Peran guru IPS SMP/MTS dalam mengimplementasikan keterampilan abad 21 dalam pembelajaran IPS di lima sekolah di Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati masih kurang dalam pengembangan teknologi, berpikir kritis dan kreatifitas anak. Guru lebih banyak mengembangkan kolaborasi dan komunikasi dengan menggunakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan berkelompok, mengerjakan soal, dan menjawab pertanyaan. (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pegembangan keterampilan abad 21. Faktor pendukungnya salah satunya yaitu jumlah guru yang banyak dan sudah berkompetensi, kemudian faktor penghambatnya berasal dari sarana prasarana, peserta didik, guru yang kurang mengembangkan teknologi, dan aturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan abad 21, Kompetensi Guru, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:40
Last Modified: 17 Dec 2020 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42113

Actions (login required)

View Item View Item