EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SEMARANG


Riky Maulana, 3601415042 (2020) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601415042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang memuat materi geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. Sifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran bertujuan agar pelajaran ini lebih bermakna bagi peserta didik sehingga pengorganisasian materi/bahan dapat disesuaikan dengan lingkungan, karakteristik dan peserta didik. Akan tetapi permasalahan dilapangan penggunaan sumber belajar belum optimal, minat membaca buku pelajaran masih rendah dan peserta didik kesulitan dalam mengingat materi IPS. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan model discovery learning dengan mind mapping pada pembelajaran IPS di kelas VII. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan model discovery learning dengan mind mapping pada pembelajaran IPS di kelas VII H. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan jenis pretest and posttest group. Populasi penelitian ini yaitu kelas VII di SMP Negeri 1 Semarang. Teknik samping yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu model discovery learning dengan mind mapping efektif diterapkan pada materi potensi sumber daya alam di kelas VII H. Hal tersebut dibuktikan empat indikator efektivitas yaitu (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran masuk kategori sangat tinggi dengan nilai 85 dan 88, (2) aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran menunjukkan rata-rata tinggi dengan skor 42,55, (3) rata-rata hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan dari 64 menjadi 79,6, hasil belajar afektif rata-rata masuk kategori sangat baik dengan rata-rata sebesar 21,24, hasil belajar psikomotorik peserta didik juga sangat baik karena semua kelompok berhasil mengumpulkan proyek mind mapping (4) respon peserta didik terhadap pembelajaran yang diterapkan guru masuk kategori tinggi dengan skor 59,94.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Efektivitas, Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:37
Last Modified: 17 Dec 2020 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42112

Actions (login required)

View Item View Item