EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 5 DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020


Ivanda Ardhatya Saputra, 3601415049 (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 5 DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3601415049.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 5 Demak dinilai kurang kreatif dan inovatif untuk pembelajaran IPS sehingga diperlukan model pembelajaran yang lebih inovatif, efektif dan efisien demi meningkatkan hasil belajar IPS, salah satunya yaitu model pembelajaran STAD. Model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga jika motivasi belajar peserta didik meningkat maka peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan secara langsung hasil belajar peserta didik juga ikut meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran STAD efektif pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 5 Demak dilihat dari pencapaian hasil belajar, tingkat aktivitas belajar, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Demak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling yang meliputi teknik Purposive sampling. Peneliti menggunakan rumus Sugiyono dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, metode tes, metode observasi dan metode angket. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan satistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik Kelas VIII A SMP Negeri 5 Demak sebesar 65,45 dan terletak pada interval 65-82 yang artinya masuk pada kategori baik (efektif), sedangkan rata-rata nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Demak sebesar 85,81 dengan presentase keberhasilan 100% atau diatas 75% sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal (efektif). Sedangkan presentase skor rata-rata respon peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Demak sebesar 78,17% atau diatas 70% sebagai indikator respon peserta didik dikatakan positif dan masuk pada kategori baik (efektif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPS dikatakan efektif dikarenakan sub-sub variabel seperti aktivitas belajar, ketuntasan hasil belajar, serta respon peserta didik mencapai kriteria efektif sesuai dengan indikator kefektifan yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:27
Last Modified: 17 Dec 2020 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42110

Actions (login required)

View Item View Item