KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN AQ SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING


Siti Masitoh, 4101416023 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN AQ SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101416023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan berpikir kreatif matematis melalui model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan, menguji penerapan model pembelajaran CPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP kelas VIII, mengetahui pengaruh minat belajar dan Adversity Quotient (AQ) siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari minat belajar melalui model pembelajaran CPS. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed-method). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talang. Pemilihan subjek penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebanyak 30 siswa. Sedangkan subjek penelitian terdiri dari 6 siswa, masing-masing 2 siswa dengan tingkat minat belajar tinggi, 2 siswa dengan tingkat minat belajar sedang, dan 2 siswa dengan tingkat minat belajar rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran CPS telah mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan melalui model pembelajaran CPS; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan AQ siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (4) siswa dengan tingkat minat belajar tinggi cenderung berada pada TBKM level 4 dengan memenuhi 3 aspek indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu (a) kefasihan, (b) keluwesan, dan (c) kebaruan, siswa dengan tingkat minat belajar sedang berada pada TBKM level 3 dengan hanya memenuhi 2 aspek indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu (a) kefasihan dan (b) keluwesan, dan siswa dengan tingkat minat belajar rendah berada pada TBKM level 1 dengan memenuhi hanya satu aspek indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Minat Belajar, Adversity Quotient, dan pembelajaran Creative Problem Solving.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:09
Last Modified: 17 Dec 2020 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42106

Actions (login required)

View Item View Item