PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANALOGI UNTUK MEREDUKSI MATHEMATICS ANXIETY SISWA SMA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS


Muthia Cholila, 4201416094 (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANALOGI UNTUK MEREDUKSI MATHEMATICS ANXIETY SISWA SMA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4201416094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran analogi digunakan dengan menerapkan kesamaan-kesamaan yang telah dipelajari siswa sebelumnya untuk mengurangi tingkat kecemasan matematika siswa, seperti pada materi kinematika gerak lurus. Dalam materi kinematika gerak lurus dapat digunakan hubungan analogi dengan mengkaitkan persamaan matematika sebagai konsep sumber dan persamaan yang terdapat di dalam kinematika gerak lurus sebagai konsep target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis analogi dalam mereduksi mathematics anxiety siswa kelas X MIA di SMA Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan mengunakan metode penelitian Pre-Experimental dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Instrumen tes yang digunakan pada soal pretest adalah materi vektor dan instrumen soal posttest digunakan materi kinematika gerak lurus. Instrumen non tes yang digunakan yaitu instrumen skala psikologis yang digunakan untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika siswa yang dibagi menjadi tiga cluster yaitu mathematics anxiety on assignments (MAA), mathematics anxiety in class (MAC), cluster mathematics anxiety for student’s future (MAF) dan angket respon siswa untuk mengetahui tingkat keefektifan pembelajaran fisika berbasis analogi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji Normalitas, uji N-Gain dan uji paired sample t-test dengan menggunakan software SPSS 21,0. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji paired sample t-test didapatkan simpulan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan pembelajaran fisika berbasis analogi dalam mereduksi mathematics anxiety siswa dengan nilai Sig.2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 pada uji paired sample t-test yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan menggunakan analisis uji N-Gain sebesar 0,59 yang termasuk pada kategori meningkat sedang dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis analogi ini efektif dalam mereduksi mathematics anxiety siswa. Berdasarkan analisis skala psikologi mathematics anxiety yang terbagi menjadi tiga cluster kelas X MIA 4 pada cluster MAA mengalami rata-rata reduksi sebesar 21,76%, cluster MAC mengalami rata-rata reduksi sebesar 32,87% dan cluster MAF mengalami rata-rata reduksi sebesar 18,29%. Simpulannya terdapat perbedaan mathematics anxiety siswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran berbasis analogi, dan pembelajaran berbasis analogi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat dari pembelajaran berbasis analogi yaitu menjadi suatu jembatan siswa dalam memahami suatu konsep fisika agar mudah dipahami, karena dalam pembelajarannya dikaitkan dengan suatu konsep yang telah dipahami dan dikuasai siswa untuk mendapatkan konsep target yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis analogi, mathematics anxiety.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:56
Last Modified: 17 Dec 2020 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42103

Actions (login required)

View Item View Item