PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI


Ita Mawaddah, 4301414070 (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4301414070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (24MB) | Preview

Abstract

Keterampilan metakognisi sangat berperan dalam kesuksesan peserta didik pada proses belajar termasuk dalam pemecahan masalah yang dihadapi. Besar kecilnya keterampilan metakognisi peserta didik dalam melakukan pemecahan masalah ternyata juga dipengaruhi oleh pembelajaran yang diberikan. Guna mengetahui dan mengembangkan keterampilan metakognisi peserta didik, maka dapat digunakan pembelajaran berbasis multirepresentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penerapan pembelajaran berbasis multirepresentasi dalam materi laju reaksi yang diterapkan. Selain itu, melalui pembelajaran ini juga dapat mengetahui keterampilan metakognisi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian experiment dengan desain post-test control group design. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan teknik cluster sampling dengan hasil kelas XI MIPA U2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA R2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara mix method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai post-test kelas eksperimen (rata-rata = 66,76) berbeda signifikan dengan kelas kontrol (rata-rata = 62,67). Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran yang diterapkan, maka dilakukan uji t dengan thitung > ttabel. Hasil uji t diperoleh dengan thitung sebesar 2,074 dan ttabel sebesar 1,672. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh dari pembelajaran yang diberikan terhadap kedua kelas; (2) profil keterampilan metakognisi peserta didik setelah penerapan pembelajaran berbasis multirepresentasi berada pada kriteria baik dengan 21% peserta didik memiliki keterampilan metakognisi berkembang sangat baik, 76% peserta didik berkembang baik, 3% mulai berkembang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan pembelajaran berbasis multirepresentasi terhadap keterampilan metakognisi peserta didik pada materi laju reaksi. Pembelajaran berbasis multirepresentasi ini dapat menjadi salah satu pilihan pembelajaran untuk membantu peserta didik mengetahui dan mengembangkan keterampilan metakognisinya selama pembelajaran termasuk dalam pemecahan masalah, baik dalam ruang lingkup makroskopis, mikroskopis, dan simbolik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Metakognisi, Multirepresentasi, Laju Reaksi
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:09
Last Modified: 17 Dec 2020 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42100

Actions (login required)

View Item View Item