Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia dengan Multimedia Berbasis Cooperative Learning.

Nanik Rustaningrum, 4401406079 (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia dengan Multimedia Berbasis Cooperative Learning. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia dengan Multimedia Berbasis Cooperative Learning.) - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Dalam KTSP, guru diberi kewenangan untuk mengembangkan strategi pembelajaran, salah satu caranya dengan pengembangan perangkat pembelajaran. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 41 Semarang dan SMP Negeri 2 Maos, diperoleh informasi bahwa guru masih menggunakan perangkat pembelajaran dengan standar minimal BSNP tanpa pengembangan. Sementara itu, di kedua sekolah tersebut sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai untuk proses belajar mengajar, tetapi penggunaannya belum maksimal. Oleh Karena itu, dikembangkan suatu perangkat pembelajaran dengan multimedia berbasis cooperative learning. Perangkat pembelajaran tersebut diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, khususnya pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Research and Development (R&D). Pada penelitian dilakukan validasi oleh pakar media, pakar materi, dan pakar evaluasi. Implementasi produk skala kecil dilaksanakan di kelas IXB SMP Negeri 41 Semarang. Sementara itu, uji coba produk skala besar dilaksanakan di SMP Negeri 2 Maos. Kelas yang digunakan untuk uji coba adalah kelas IXA dan IXB. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penilaian pakar media terhadap multimedia yang dikembangkan adalah sebesar 90,48% atau mencapai kriteria sangat tinggi, hasil penilaian multimedia oleh pakar materi 95,88% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil penilaian perangkat pembelajaran yang berupa silabus, RPP, LDS, soal evaluasi, dan lembar observasi aktivitas siswa oleh pakar materi masing-masing sebesar 100%, dan oleh pakar evaluasi sebesar 100% dengan kriteria sangat tinggi. Selama implementasi produk, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,89 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% serta hasil aktivitas siswa secara klasikal 88,89% mencapai tinggi dan sangat tinggi. Pada uji coba produk skala besar, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas IXA sebesar 84,91 dan kelas IXB 88,60 dengan ketuntasan belajar klasikal masing-masing sebesar 100% serta hasil aktivitas siswa secara klasikal masing-masing kelas 92,30% mencapai tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran sistem reproduksi manusia dengan multimedia berbasis cooperative learning yang telah dikembangkan sesuai dengan SK dan KD yang ditetapkan BSNP serta efektif diterapkan di SMP.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, sistem reproduksi manusia, multimedia, cooperative learning
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: eko handoyo perpustakaan
    Date Deposited: 28 Mar 2011 03:06
    Last Modified: 28 Mar 2011 03:07

    Actions (login required)

    View Item