ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA PADA PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS BERMUATAN ETNOSAINS


Emi Supiani, 4301415015 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMA PADA PENERAPAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS BERMUATAN ETNOSAINS. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4301415015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan yang sangat diperlukan untuk mengatasi masalah di dunia nyata. Pembelajaran STEM bermuatan etnosains dengan model pembelajaran Project Based Learning merupakan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Di mana materi kimia yang diajarkan dikaitkan dengan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran STEM bermuatan etnosains dengan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Maos, Cilacap dengan subyek penelitian sebanyak 69 siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 5. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif adalah soal tes, lembar observasi, angket serta didukung dengan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek elaboration, originality, flecibility, dan fluency masing-masing sebesar 77,14%, 90%, 64,80%, dan 75,24% pada kelas MIPA 1 dan 65,44%, 73,04%, 36,24% dan 54,81% pada kelas MIPA 5. Sedangkan ditinjau dari sikap, pada kelas MIPA 1 14,29% siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang sangat bagus, 31,43% siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang bagus, 40% siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang cukup bagus, dan 14,29% siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang kurang bagus. Sedangkan pada kelas MIPA 5 35,29% siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang bagus, dan 64,72% siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang cukup bagus. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran STEM bermuatan etnosains dengan model pembelajaran Project Based Learning merupakan alternatif pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, STEM, Project Based Learning, Etnosains
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:56
Last Modified: 17 Dec 2020 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42098

Actions (login required)

View Item View Item