KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PETA KOSEP PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG


Delia Pangesti, 2101416063 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PETA KOSEP PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PETA KOSEP PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA PETA KOSEP PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 30 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui keefektifan model Cooperative Script berbantuan media peta konsep pada pembelajaran menulis teks ulasan, (2) mengetahui keefektifan model Think Pair Share berbantuan media peta konsep pada pembelajaran menulis teks ulasan, (3) mengetahui model yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks ulasan. Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen berupa quasi experimental dengan metode Nonequivalen Control Grup Design. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dua kelas, kelas eksperimen 1 berjumlah 31 peserta didik diterapkan model Cooperative Script berbantuan media peta konsep dan kelas eksperimen 2 berjumlah 32 peserta didik diterapkan model Think Pair Share berbantuan media peta konsep. Data penelitian diperoleh dengan observasi, dokumentasi, serta nilai pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) model Cooperative Script dengan media peta konsep efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks ulasan karena signifikasi 0,000<0,05. Jika signifikasi >0,05 maka model yang digunakan tidak efektif. (2) model Think Pair Share dengan media peta konsep efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks ulasan karena signifikasi 0,000<0,05. Jika signifikasi >0,05 maka model yang digunakan tidak efektif. (3) Pembelajaran menulis teks ulasan lebih efektif menggunakan model Think Pair Share dengan media peta konsep dibuktikan dengan perolehan sig kelas eksperimen 2 0,073 > 0,05.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Cooperative Script, model pembelajaran Think Pair Share, Teks Ulasan
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:31
Last Modified: 17 Dec 2020 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42092

Actions (login required)

View Item View Item