KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL MIND MAP DAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Ariska Dwiyanti, 2101416059 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL MIND MAP DAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL MIND MAP DAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MODEL MIND MAP DAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Suasana pembelajaran keterampilan menulis yang menarik dan efektif diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selama ini pembelajaran menulis cenderung dilaksanakan secara monoton. Keterampilan menulis perlu dikuasai oleh peserta didik sedini mungkin, terutama dalam kurikulum 2013 yang berbasis teks. Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik pada satuan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama kelas VIII yaitu pembelajaran menulis teks eksposisi. Dalam pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang mampu membangkitkan semangat dan motivasi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Sehingga peneliti menggunakan dua model yakni model mind map dan model induktif kata bergambar untuk diuji keefektifannya. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model mind map pada peserta didik kelas VIII SMP? (2) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan model induktif kata bergambar pada peserta didik kelas VIII SMP? (3) Manakah yang lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan model mind map atau model induktif kata bergambar pada peserta didik kelas VIII SMP?. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII B dan VIII D SMP Negeri 38 Semarang tahun ajaran 2019/2020 menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk desain berupa true eksperimental design. Eksperimen pertama dilakukan di kelas VIII B dengan diberi perlakuan model mind map dan eksperimen kedua dilakukan di kelas VIII D dengan diberi perlakuan model induktif kata bergambar. Pada prinsipnya perlakuan yang diberikan terhadap dua kelompok, yaitu tes awal (pretest), perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Instrumen tes berupa menulis teks eksposisi. Instrumen nontes berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata diperoleh bahwa model induktif kata bergambar lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas VIII SMP dibandingkan model mind map. Peningkatan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model induktif kata bergambar lebih besar daripada peningkatan nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan model mind map.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks eksposisi, model mind map, model induktif kata bergambar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing > writing ability
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:24
Last Modified: 17 Dec 2020 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42091

Actions (login required)

View Item View Item