REKONSTRUKSI KETERBACAAN TEKS DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EDISI REVISI 2017 UNTUK SMP KELAS VII BERDASARKAN GRAFIK FRY


Rizki Ayu Rahmawati, 2101416032 (2020) REKONSTRUKSI KETERBACAAN TEKS DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EDISI REVISI 2017 UNTUK SMP KELAS VII BERDASARKAN GRAFIK FRY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of REKONSTRUKSI KETERBACAAN TEKS DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EDISI REVISI 2017 UNTUK SMP KELAS VII BERDASARKAN GRAFIK FRY]
Preview
PDF (REKONSTRUKSI KETERBACAAN TEKS DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA EDISI REVISI 2017 UNTUK SMP KELAS VII BERDASARKAN GRAFIK FRY) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku teks menjadi pedoman guru dalam menyusun bahan ajar serta menjadi pegangan dalam mengajar siswa karena dalam isinya buku teks mencakup mata pelajaran yang dibutuhkan dan bagi siswa buku teks menjadi sarana belajar baik di rumah maupun di sekolah. Salah satu kriteria buku teks yaitu bahasa dan keterbacaan pada teks. Keduanya menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan buku pelajaran atau buku teks karena menjadi media utama dalam penyampaian informasi dan pengetahuan melalui kata dan kalimat yang disajikan kepada siswa. Teks-teks pada buku pelajaran menjadi sarana bagi siswa dalam menyerap informasi yang ada pada buku teks. Namun, kenyataannya keterbacaan pembaca terhadap teks yang terdapat dalam buku teks bahasa Indonesia edisi revisi 2017 ternyata masih rendah. Hal ini tentunya berkaitan dengan keterbacaan pada teks-teks tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini diperlukan untuk mendeskripsikan kesesuaian teks untuk kelas VII. Apabila diketahui teks tidak sesuai maka diperlukan rekonstruksi pada teks tersebut sehingga teks tersebut bisa menjadi bahan bacaan yang layak untuk siswa kelas VII. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Kesesuaian keterbacaan teks dalam buku teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud untuk siswa SMP kelas VII berdasarkan Grafik Fry, (2) Rekonstruksi keterbacaan teks dalam Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud berdasarkan Grafik Fry. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan keterbacaan teks dalam buku teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud yang sesuai untuk siswa SMP kelas VII berdasarkan Grafik Fry, (2) Menjelaskan rekonstruksi keterbacaan teks dalam buku teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan teknik analisis deskripstif, yaitu mendeskripsikan tingkat keterbacaan teks pada buku teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud untuk SMP kelas VII dengan menggunakan grafik fry. Adapun data dalam penelitian ini adalah penggalan teks yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Selain itu sumber data dalam penelitian ini yaitu 20 teks yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterbacaan, Grafik fry, Buku Teks.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Dec 2020 01:11
Last Modified: 17 Dec 2020 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42089

Actions (login required)

View Item View Item