PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA ANGGOTA KOMUNITAS MOBIL DI YOGYAKARTA


R. Angga Aditya Ramdhani, 1511415102 (2020) PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA ANGGOTA KOMUNITAS MOBIL DI YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA ANGGOTA KOMUNITAS MOBIL DI YOGYAKARTA]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA ANGGOTA KOMUNITAS MOBIL DI YOGYAKARTA) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Konsumsi merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar. Secara nyata dibuktikan pada anggota komunitas mobil di Yogyakarta, dimana irasionalitas konsumtif telah beroperasi karena adanya pola gaya hidup mereka sehari-hari yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif pada anggota komunitas mobil di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas mobil di Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian sebanyak 46 anggota, dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala perilaku konsumtif dan skala gaya hidup hedonis. Skala perilaku konsumtif terdiri dari 41 item valid dengan koefisien reliabilitas 0,900. Skala gaya hidup hedonis terdiri dari 32 item valid dengan koefisien reliabilitas 0,910. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan F hitung sebesar 55,159 dengan signifikansi 0,000. Sehingga hipotesis yang berbunyi “Terdapat Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Konsumtif Pada Anggota Komunitas Mobil di Yogyakarta” diterima. Koefisien determinasi atau R2 menunjukkan nilai sebesar 0,556, yang berarti variabel gaya hidup hedonis memiliki pengaruh sebesar 55,6% terhadap variabel perilaku konsumtif. Secara umum, gaya hidup hedonis dan perilaku konsumtif pada anggota komunitas mobil di Yogyakarta berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya hidup hedonis, perilaku konsumtif, komunitas mobil
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:12
Last Modified: 16 Dec 2020 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42082

Actions (login required)

View Item View Item