Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Quantum Teaching Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006.


S Mulyani, 2006 (2006) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Quantum Teaching Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Quantum Teaching Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Quantum Teaching Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (17kB) | Preview

Abstract

Mulyani, S. 2006. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Quantum Teaching Pada Sub Pokok Bahasan Kalor Siswa Kelas VIII Semester I SMPN 2 Ungaran Tahun Ajaran 2005/2006. Hasil observasi awal dikelas VIII. G SMPN 2 Ungaran menunjukkkan hasil belajar Fisika masih rendah, hal ini dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata ulangan pokok bahasan Suhu adalah 52,03 dengan ketuntasan hasil belajar 27%. Adanya anggapan bahwa Sains (Fisika) merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit karena banyaknya rumus membuat pelajaran Fisika menegangkan. Oleh karena itu pembelajaran Fisika harus dibuat lebih menarik dan menyenangkan. Proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila siswa mencapai kompetensi yang diharapkan. Hal ini tidak terlepas dari kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan metode dan media yang tepat dan efektif. Salah satu metode yang dapat dipilih adalah metode pembelajaran Quantum Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Fisika melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan metode pembelajaran Quantum Teaching. Subyek penelitian ini adalah kelas VIII. G SMPN 2 Ungaran tahun ajaran 2005/2006. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan materi yang sama, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil belajar kognitif diperoleh dari tes evaluasi tiap akhir siklus, hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh melalui lembar observasi dari pengamatan selama PBM berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching hasil belajar siswa meningkat disetiap siklus. Hasil belajar kognitif siklus I diperoleh nilai rata-rata 56,49 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 46%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 73,38 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 92%. Hasil belajar afektif siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 67%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai 89%. Hasil belajar psikomotorik siklus I dengan ketuntasan belajar yang dicapai 67%, pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai 86%. Siswa juga antusias terhadap pembelajaran menggunakan metode Quantum Teaching, dengan perolehan nilai rata-rata 34 yang berarti respon siswa sangat positif. Dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode Quantum Teaching hendaknya guru memahami dan melaksanakan secara utuh kerangka TANDUR. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mmvmengetahui keefektifan pembelajaran dengan metode Quantum Teaching sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2011 02:01
Last Modified: 20 Sep 2011 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4208

Actions (login required)

View Item View Item