KEEFEKTIFAN METODE REKREASI MATEMATIKA DETIK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI’IYYAH 02 JATIBARANG


Afidahtul Izzah, 1401416431 (2020) KEEFEKTIFAN METODE REKREASI MATEMATIKA DETIK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI’IYYAH 02 JATIBARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE REKREASI MATEMATIKA DETIK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI’IYYAH 02 JATIBARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE REKREASI MATEMATIKA DETIK DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI ASY-SYAFI’IYYAH 02 JATIBARANG) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar guru hanya menerapkan metode konvensional dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang tertarik pada pembelajaran matematika. Selain itu, siswa mengalami hambatan dalam berhitung dasar matematika dan sulit menerapkan rumus-rumus matematika dalam menyelesakan soal. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya dengan menerapkan metode Rekreasi Matematika Detik berbasis pendekatan Pemecahan Masalah. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan metode rekreasi matematika detik berbasis pendekatan pemecahan masalah ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika kelas V pada materi volume kubus dan balok. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Asy-syafi’iyyah 02 Jatibarang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 63 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,147 > 1,999) dan nilai signifikansi 0,036 (0,036 < 0,05), sedangkan uji hipotesis kedua menunjukkan nilai thitung > ttabel (4,690 > 1,999) dan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05). Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan nilai thitung > ttabel (3,210 > 2,039) dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,003 (0,003 < 0,05), sedangkan uji keempat menunjukkan nilai thitung > ttabel (7,442 > 2,039) dan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode rekreasi matematika detik berbasis pendekatan pemecahan masalah efektif ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Asy-syafi’iyyah 02 Jatibarang. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan guru dapat menerapkan metode rekreasi matematika detik berbasis pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika materi volume kubus dan balok. Dalam penerapannya, diharapkan guru memahami langkah-langkah metode rekreasi matematika detik berbasis pendekatan pemecahan masalah sehingga proses pembelajaran optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Rekreasi Matematika Detik; Minat Belajar, Pendekatan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:47
Last Modified: 16 Dec 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42079

Actions (login required)

View Item View Item